Teknoflas.com – Sekarang ini jumlah malware di dunia maya meningkat drastis yang hampir menyentuh angka 50 ribu jenis. Peningkatan ini disertai lonjakan pengguna smartphone dan internet dalam beberapa tahun terakhir, faktor tersebut menjadi ladang basah bagi pelaku kejahatan cyber (cybercrime)

Malware sangat merugikan pengguna smartphone, salah satunya yaitu meningkatkan penggunaan data yang secara otomatis membuka website, memunculkan iklan, download file ukuran besar hingga mengirim pesan random yang ada di daftar kontak.

Cara deteksi & hapus virus smartphone
Cara deteksi & hapus virus smartphone

Berikut cara mendeteksi dan menghapus virus malware berbahaya yang tersimpan di smartphone android.

1. Pasang aplikasi antivirus

Pasang aplikasi antivirus ternama seperti Kaspersky Internet Security, AVG AntiVirus Security dan AVAST Mobile Security yang ada di Google Play Store. Usai sukses terpasang, langkah selanjutnya yaitu melakukan scanning smartphone.

Proses ini akan mendeteksi virus yang bersembunyi di ponsel pintar. Aplikasi antivirus akan menampilkan pemberitahuan bila ada virus yang sembunyi di aplikasi atau menginfeksi file. Pembersihan virus baru dapat dilakukan usai proses scanning selesai, jadi harap sabar.

2. Hapus file terinfeksi

Usai proses scanning selesai, maka langkah selanjutnya yaitu menghapus aplikasi dan file yang sudah terinfeksi agar tidak menular ke bagian lain. Bagaimana caranya menghapus aplikasi…? Silahkan akses Pengaturan > Aplikasi > Atur Aplikasi > Pilih Aplikasi yang akan dihapus dari memori smartphone.

Apabila virus sudah menginfeksi hampir semua bagian ponsel, disarankan segera ‘factory data reset’ yang membuat ponsel kembali sediakala seperti baru beli dengan konsekuensi kehilangan data -data.

3. Pengaturan awal

Factory Data Reset menjadi langkah ampuh melenyapkan virus untuk selamanya, namun berakibat fatal pada hilangnya sejumlah data-data penting di memori internal. Oleh karena itu, lakukan back-up data seperti nomer telepon, musik, foto ataupun dokumen file. Bagaimana cara melakukan ‘Factory Data Reset’..? Silahkan akses Pengaturan > Privasi > Reset Data Pabrik dan ikuti langkah selanjutnya.

Itulah tiga cara yang bisa ditempuh untuk mendeteksi dan menghapus virus malware berbahaya yang tersimpan di smartphone android.