seared-salmon-raw

Teknoflas.comBeberapa orang menganggap bahwa salah satu penghilang stres ialah dengan makan. Ternyata, ada makanan khusus yang terbukti mampu mengurangi risiko stres. 

Penelitian terbaru dari Journal of Epidemiology & Community Health mengatakan bahwa mengonsumsi ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan ikan kod dapat mengurangi gejala depresi. Studi lain mengatakan bahwa ikan yang memiliki lemak tinggi efektif memerangi gangguan suasana hati yang berubah.

Contohnya, di Journal of Epidemiology & Community Health, perempuan yang dengan rutin mengonsumsi ikan memiliki risiko 16 persen lebih rendah untuk mengalami stres bahkan depresi dibandingkan orang yang mengonsumsi ikan lebih sedikit atau bahkan tidak mengonsumsi ikan sama sekali. Berbeda dengan laki-laki, risikonya 20 persen lebih rendah.

Dikarenakan hasil dari studi ini bersifat observasional, peneliti belum dapat menjelaskan keberadaan hubungan mengonsumsi ikan dengan depresi atau suasana hati. Namun, mereka punya beberapa pendapat bagaimana meningkatkan suasana hati.

Dilansir dari Prevention, penulis studi Dongfeng Zhang mengatakan bahwa asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan dapat mempengaruhi otak dengan cara yang memodifikasi kadar dopamin dan serotonin, keduanya merupakan neurotransmitter yang diduga berperan ketika terdapat serangan depresi.

Protein dengan kualitas tinggi, vitamin, serta mineral yang terdapat dalam ikan juga memiliki efek perlindungan. Bahkan, pemakan ikan cenderung memiliki pola makan sehat di samping i mereka juga berolahraga. Hal tersebut diyakini dapat mengurangi risiko depresi. Dalam studi kedua, ikan ternyata dapat mengurangi risiko depresi setelah para peneliti melakukan analisis pada orang yang menderita gangguan bipolar. Omega-3 yang terdadalam ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden begitu efektif memperbaiki suasana hati mereka.

Agar mendapatkan manfaat ikan sebagai penurun risiko depresi, Anda cukup mengonsumsinya dua kali dalam seminggu. Tidak masalah jika anda termasuk orang yang tidak suka ikan. Ada makanan lain yang dapat memperbaiki suasana hati dan menurunkan depresi. Seperti aprikot, yoghurt, kenari, dan cokelat terbukti dapat mendongkrak semangat anda.