Teknoflas.com – Kronologi dan penyebab pendaki gunung lawu tewas terbakar untuk sementara ini diduga akibat pelanggaran aturan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sayangnya masih banyak pendaki yang nekat mengabaikan peraturan karena minim pengetahuan. Berdasar informasi yang diperoleh, mereka memutuskan untuk mendaki lewat Cemoro Kandang Tawangmangu, Jawa Tengah.

image

Padahal pos retribusi pendakian cemorosewu sudah ditutup oleh petugas Perhutani sejak Jumat, 16 Oktober 2015. Namun pendaki justru menempuh jalur lain yang tidak direkomendasikan karena medan lebih sulit.

Penyebab pendaki gunung lawu tewas terbakar diduga terjebak di lokasi medan yang sulit dan tak mampu menyelamatkan diri dari kobaran ‘Si Jago Merah’ yang terus membesar. Mereka semua berada sekitar pos III Cemorosewu yang memang terkenal dengan kondisi medan menantang. (Baca: Inilah Kumpulan Foto Pendaki Korban Kebakaran Gunung Lawu)

Berdasar dugaan sementara, penyebab gunung lawu terbakar karena titik api yang terus meluas ke daerah kering. Kemungkinan besar api berasal dari pendaki yang menyalakan api unggun. Seperti diketahui, gunung lawu memang sempat ramai didatangi pendaki dari berbagai daerah pada bulan syuro (muharam).

Tim evakuasi gabungan hingga saat ini masih terus memantau dan melaksanakan evakuasi korban tewas yang ada di wilayah pos III Cemorosewu. Berdasar informasi, ada tujuh pendaki gunung lawu tewas terbakar yang mana empat orang sudah dikenali, sedangkan lainnya masih belum teridentifikasi.

Menurut keterangan Dita Kurniawan, saksi seorang pendaki yang berhasil menyelamatkan diri dari kobaran ‘Si Jago Merah’ gunung lawu, api menjalar begitu cepat saat ia dan 16 orang pendaki turun dari puncak dan mendekati pos tiga. Serasah dan daun kering yang banyak tersebar cepat dilahap api.

“Api menjalar begitu cepat sehingga kami melarikan diri terpisah. Waktu itu saya lari bersembunyi di balik batu besar meski jaket dan sebagian tangan ikut terkena api,” ungkap Dita seperti dilansir Teknoflas.com dari laman BeritaJatim, Minggu (18/10/2015).

Itulah kronologi dan penyebab pendaki gunung lawu tewas terbakar. Hingga berita ini diturunkan, tim evakuasi masih terus melakukan pencarian terhadap kemungkinan ada pendaki yang masih terjebak ataupun menjadi korban.