Teknoflas.com – Harus diakui, otak merupakan salah satu organ terpenting yang ada di tubuh manusia. Sayangnya, kemampuan dasarnya akan menurun seiring waktu berjalan dan tak boleh dibiarkan begitu saja karena memicu kepikunan.

image
Makan buah mempertajam kemampuan otak

Mengoptimalkan atau mempertajam kemampuan otak sangat penting dilakukan demi menjaga fungsi dasar. Sebenarnya tidak begitu sulit melakukan hal tersebut, ikuti saja lima cara sederhana berikut ini yang merupakan perpaduan dari tiga unsur yakni makanan, olahraga dan mental.

1. Makan buah dan sayuran

Tak diragukan lagi sayuran dan buah merupakan makanan sehat bagi manusia. Menurut hasil studi, kedua jenis makanan tersebut berhubungan langsung dengan kesehatan mental dan otak. Oleh karena itu, disarankan memperbanyak asupan buah dan sayuran segar.

2. Makanan unsur kunyit

Penelitian di Jerman bertajuk ‘Stem Cell Research & Therapy’ mengungkap fakta mengejutkan bahwa kunyit dapat mengobati gangguan otak. Bahan masakan ini ternyata memiliki senyawa yang secara otomatis mengaktifkan sel-sel induk yang tersimpan di otak.

3. Olahraga

Tak terbantahkan lagi olahraga bantu menjaga kesehatan agar jauh dari penyakit berbahaya dan menyeimbangkan berat badan. Tak hanya itu saja, olahraga selama 30 menit akan meningkatkan fokus yang justru menyehatkan otak. Menurut hasil studi yang tertulis di ‘Acta Psychologica’, belajar atau bekerja yang diselingi olahraga sangat membantu dalam proses pengingatan.

4. Usir kecemasan

Jangan pernah mencemaskan hal-hal kecil yang memicu stres. Berdasar penelitian di Universitas Gothenburg, Swedia, kecemasan memicu stres yang memancing emosi. Semua itu tak baik bagi kesehatan otak yang bakal menurunkan kemampuan dasarnya.

5. Liburan alam

Berlibur melihat keindahan alam tak hanya bantu meningkatkan kesehatan mental sehingga bebas dari kecemasan dan stres. Ternyata berimbas positif bagi otak dengan mempertajam fungsi dasarnya. Oleh karena itu, daripada menghabiskan liburan berdiam di rumah atau mengunjungi mal, datang saja ke lokasi wisata alam dekat kota tempat tinggal.