Teknoflas.com – Bisakah manusia tinggal di planet mars..? Pertanyaan sederhana ini memiliki jawaban penuh misterius yang mengundang rasa penasaran. Namun menurut pengakuan sejumlah peneliti luar angkasa seperti dilansir dari laman Time, ada tujuh faktor yang membuat manusia lebih cepat mati di planet merah itu.

image
7 Faktor Manusia Sulit Tinggal di Planet Mars

1. Kekuatan radiasi

Mars memiliki dua kandungan radiasi berbahaya yakni Galactic Cosmic Rays (GCRs) dan Solar Energetic Particles (SEPs). Tanpa mengenakan alat antiradiasi canggih, maka keduanya bakal lebih mudah merasuki tubuh manusia. Peningkatan radiasi mencapai 15 kali lebih cepat bila tinggal di mars selama 180 hari.

2. Suhu ekstrim

Manusia dipastikan sulit bertahan hidup di mars akibat kendala suhu dingin. Menurut hasil studi peneliti, rata-rata suhu planet merah mencapai -63 derajat Celsius sedangkan bumi hanya 14 derajat Celsius. Butuh alat canggih agar bisa terus hidup di sana.

3. Atmosfer berbahaya

Kendala yang membuat manusia susah hidup di planet mars yaitu lapisan atmosfer yang kaya karbondioksida sebanyak 96 persen. Jumlah tersebut sangat membahayakan kesehatan manusia bila menghirup udara tanpa filter canggih.

4. Masalah gravitasi

Memang benar gravitasi planet mars hanya mencapai 38 persen, jadi manusia masih bisa berjalan di atas permukaan darat. Namun gerakan dan aktivitas berjalan dipastikan tidak sebebas seperti di bumi.

5. Bakteri udara

Salah satu ketakutan yang harus dihadapi yaitu adanya potensi bakteri udara yang hidup di planet mars. Hal ini berdasarkan kasus sewaktu pengiriman manusia ke bulan, kala itu astronot pesawat Apollo harus diungsikan hampir sebulan sebelum diperbolehkan menghirup udara bebas di bumi.

6. Kurang infrastruktur

Bagaimana cara manusia bertahan hidup di mars? Bekal makanan bisa habis begitu saja, oleh karena itu muncul ide untuk menanam tumbuhan seperti sayuran dan buah-buahan. Meskipun tidak menutup kemungkinan bisa tumbuh subur di sana, namun semua tanaman perlu asupan oksigen untuk bertahan. Sayangnya, kadar oksigen berlebih dapat menyebabkan ledakan besar.

7. Kesiapan mental

Faktor terakhir yang punya pengaruh besar dan tak boleh diabaikan begitu saja. Kesiapan mental orang-orang yang menjalani perjalanan ke mars harus diperhitungkan dengan tepat, apalagi menempuh perjalanan jauh selama delapan bulan dan berhadapan dengan situasi baru selain bumi. Gagal beradptasi dengan lingkungan justru mempercepat kematian.