Teknoflas.com – Apa penyebab utama Ustadzah Lutfiah Sungkar meninggal dunia..? Banyak masyarakat Indonesia yang penasaran dengan penyakit yang merenggut pendakwah kondang tersebut, apalagi dalam beberapa tahun terakhir jarang tampil lagi menghiasi program acara televisi.

image
Kanker payudara penyebab Ustadzah Lutfiah Sungkar meninggal dunia

Menurut kabar yang diterima Teknoflas.com dari berbagai sumber valid, tante dari artis Shireen Sungkar menghembuskan nafas terakhir pada hari Rabu pagi, 21 Oktober 2015, sekitar pukul sepuluh WIB. Ustadzah Lutfiah pergi meninggalkan lima anak dan limabelas cucu di usia ke-68 tahun.

Penyebab Ustadzah Lutfiah Sungkar meninggal dunia karena menderita penyakit kanker payudara stadium akhir yang sudah lama diderita. Adik almarhum sekaligus aktor senior Mark Sungkar juga membenarkan bahwa sang kakak sudah dua tahun lebih menderita sakit kanker ganas yang tak kunjung membaik.

“Beliau berjuang melawan kanker payudara lebih dari dua tahun. Walaupun kondisi fisik sempat mendingan usai operasi, ternyata hanya sementara dan kembali parah secara perlahan-lahan,” ungkap Mark.

Mark menambahkan, sang kakak sering bolak-balik masuk rumah sakit karena kondisi fisik yang semakin menurun usai menjalani kemoterapi. Ustadzah Lutfiah sempat rawat inap di rumah sakit lebih dari tiga minggu dan harus dijaga keluarga selama 24 jam penuh. Sang keponakan, Zaskia dan Shireen, turut kebagian tugas menjaga sang tante yang terbaring lemas di rumah sakit.

Sebenarnya, penyebab Ustadzah Lutfiah Sungkar meninggal dunia bukan karena kanker payudara dalam dua tahun terakhir, melainkan sudah diderita sejak 15 tahun silam. Namun pendakwah kondang itu menyepelekan penyakit yang diderita.

“Beliau menyepelekan penyakit yang diderita dan selalu berserah diri kepada Yang Maha Kuasa. Ia hanya berkata ‘alhamdulillah’ saat dokter menyebut kanker itu tidak ganas,” ucap Mark ketika mengenang sang kakak.

Mark tak ingin sang kakak membiarkan penyakit itu berkembang tambah parah dan sempat membawanya ke rumah sakit Singapura untuk pengecekan kondisi kesehatan serta meminta opini alternatif. Itulah penyebab Ustadzah Lutfiah Sungkar meninggal dunia. Penyakit kanker payudara yang diderita selama limabelas tahun akhirnya bertambah ganas dalam dua tahun belakang.