Teknoflas.com – Bisakah manusia tinggal lama di luar angkasa…? Tentu saja bisa, empat astronot asal Amerika Serikat dan Rusia sudah membuktikan langsung. Sayangnya, mereka hanya menghabiskan hari-hari di stasiun luar angkasa tanpa pernah menginjakkan kaki di Bulan ataupun planet selain Bumi dalam waktu lama.

image
para astronot di stasiun luar angkasa internasional

Berikut ini empat orang astronot yang paling lama menghabiskan waktu di luar angkasa.

1. Mike Fincke

Astronot pertama asal Amerika Serikat yang mencatat rekor tinggal terlama di stasiun luar angkasa internasional (ISS) pada tahun 2011 silam. Ia menghabiskan waktu di sana selama 1 tahun 2 bulan.

2. Valeri Polyakov

Astronot asal Rusia ini tentu jauh lebih hebat ketimbang Mike Fincke. Ia bertahan hidup selama 437 hari di stasiun luar angkasa Mir hingga akhirnya kembali turun ke Bumi pada tahun 1994.

3. Scott Kelly

Sukses mengalahkan rekor Mike Fincke dengan catatan total 520 hari di stasiun luar angkasa internasional (ISS). Karena bertugas sebagai peneliti efek mikrogravitasi pada tubuh manusia, Kelly mendapat dua kali kepercayaan untuk berangkat yang mana pengalaman pertama dihabiskan dengan tinggal selama 180 hari, sedangkan pengalaman kedua selama 382 hari.

4. Gennady Padalka

Pengalaman hidup di luar angkasa terlama jatuh pada astronot Rusia yang bernama Gennady Padalka. Ia sukses mengalahkan Scott Kelly dengan catatan 879 hari tinggal di stasiun.

Meskipun empat astronot di atas sudah buktikan langsung bisa tinggal lama di luar angkasa, ada sejumlah catatan rahasia yang wajib diperhatikan agar tidak melanggar prosedur keselamatan selama berada di stasiun luar angkasa.