Teknoflas.com – Mendeteksi seseorang yang menderita kanker kulit tampaknya tak sulit lagi. Sebuah penelitian terbaru mengungkap fakta bahwa lengan kanan yang memiliki jumlah tahi lalat lebih dari sebelas ternyata rentan mengidap jenis kanker ini. Lalu, berapa jumlah tahi lalat di lengan kanan anda?

image
mendeteksi kanker kulit lewat tahi lalat

Para ilmuwan dari King College London telah menemukan sebuah metode anyar untuk mengetahui apakah seseorang lebih rentan kena melanoma yang kini dikenal sebagai jenis kanker kulit berbahaya yang mengakibatkan kematian pada si penderita.

Penelitian menyebutkan bahwa 20-40 persen dari melanoma diduga berasal langsung dari tahi lalat. Oleh karena itu, seseorang wajib waspada mengenai kondisi tubuhnya jika memiliki lebih dari 100 tahi lalat di seluruh permukaan kulit.

Hasil penelitian juga mengungkap fakta unik bahwa jumlah tahi lalat di lengan kanan bisa dijadikan patokan untuk memprediksi jumlah tahi lalat di seluruh permukaan kulit. Sebagai contoh, orang-orang yang memiliki lebih dari tujuh tahi lalat di lengan kanan diprediksi memiliki sekitar lima puluh tahi lalat di seluruh permukaan tubuh sedangkan yang memiliki lebih dari 11 tahi lalat diprediksi memiliki lebih dari 100 tahi lalat di seluruh tubuh

“Menurut penelitian kami, orang-orang yang punya tahi lalat lebih dari sebelas berpotensi besar memiliki 100 tahi lalat sehingga resiko melanoma jauh lebih tinggi,” ucap pemimpin studi Simone Ribero.

Temuan dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mempermudah tugas dokter ataupun masyarakat awam untuk mendeteksi kanker kulit berbahaya sedini mungkin. “Dengan adanya penemuan ini, semakin mudah untuk mengidentfikasi dan memantau potensi melanoma,” tutup Ribero.

Hasil penelitian ilmuwan King College London sudah diterbitkan dalam British Journal of Dermatology. Diharapkan berguna di masa depan untuk langkah antisipasi dan pencegahan sedini mungkin.