Teknoflas.com –¬†Bagaimana cara membersihkan busi sepeda motor agar selalu awet..? Ikuti saja empat tips berikut ini yang sudah terbukti efektif. Seperti diketahui, busi punya peran penting dalam proses pembakaran mesin motor.

Apabila busi dalam kondisi kotor akibat tumpukan kerak, kotoran atau debu mengendap, maka mesin sepeda motor mogok alias tak bisa hidup. Memperhatikan kebersihan busi harus dijadikan rutinitas dalam upaya merawat motor kesayangan agar siap pakai selalu.

cara membersihkan busi sepeda motor
cara membersihkan busi sepeda motor

Berikut ini empat cara mudah membersihkan busi sepeda motor agar selalu awet dan tak mogok.

1. Hati-hati pakai amplas

Banyak orang yang memakai amplas untuk membersihkan kepala busi yang kotor. Sebenarnya pemakaian amplas tergolong tepat karena membuat mesin motor kembali hidup. Namun amplas bagaikan dua sisi mata uang, ada keuntungan dan kerugian. Amplas membuat renggang jarak kepala busi dengan lapisan elektroda. Oleh karena itu, disarankan hati-hati memakai amplas atau gunakan kain berserat untuk membersihkan kepala busi.

2. Jangan rendam di minyak

Para montir bengkel biasanya merendam busi di cairan bensin atau minyak tanah agar kotoran yang menempel cepat terlepas. Sayangnya, cara ini ternyata kurang direkomendasikan karena beragam zat di cairan tersebut justru memicu munculnya kotoran pada busi.

3. Pakai sikat kawat

Cara paling direkomendasikan agar busi sepeda motor bebas dari kotoran yaitu memakai sikat kawat yang sudah dilumuri dengan bensin. Memang butuh waktu dan kesabaran agar kotoran terangkat, namun hasilnya dijamin bikin puas. Jika dibandingkan dengan pemakaian amplas, sikat kawat lebih efektif menjaga keawetan busi.

4. Tes pengapian busi

Jangan lupa mengetes pengapian busi usai dibersihkan dari segala macam tumpukan kotoran. Pembersihan dikatakan efektif bila muncul percikan api warna biru apabila dites. Lakukan pembersihan sekali lagi dengan sikat kawat bila tak muncul percikan api yang mungkin saja masih terhalang oleh kerak.

Meskipun merawat busi memang penting, namun perlu diganti setiap 10.000 km atau menyesuaikan kondisi sepeda motor. Selain itu, perhatikan pula kondisi kabel busi yang juga mempengaruhi kinerja busi.