Teknoflas.com – Bagaimana cara mengetahui perangkat android yang sudah di root..? Tidak begitu sulit kok, bahkan tak perlu dibawa ke konter ponsel terdekat. Anda sebagai orang awam bisa pula mengecek perangkat android apakah sudah pernah di root sebelumnya atau tidak.

cara mengetahui perangkat android di root

Sebelum membeli ponsel bekas dari tangan orang lain, sebaiknya mengetahui hal ini. Root tak pernah terjadi pada ponsel baru yang masih dalam kemasan tersegel. Aktivitas root biasanya dilakukan oleh sang pemilik ponsel dengan sejumlah konsekuensi yang ditanggung sendiri.

Root merupakan aktivitas membobol sistem android untuk peningkatan kerja atau tweaking dari sebuah perangkat. Sejujurnya ini bukan bagian dari tindak kejahatan, seseorang melakukan root untuk tujuan lain seperti memasang tema tertentu yang mirip tampilan iOS.

Berikut ini empat cara yang bisa dilakukan untuk mengecek dan mengetahui suatu perangkat android sudah di root atau belum.

1. Mengecek secara langsung mungkin sedikit membingungkan orang awam, untungnya ada aplikasi khusus untuk mengetahuinya. Silahkan kunjungi Google Play Store lalu unduh dan pasang aplikasi ‘Root Checker’.

2. Sebelum memulai pengecekan, pastikan aplikasi ‘Root Checker’ sudah terpasang dengan benar di perangkat android kesayangan.

3. Apabila aplikasi sudah terpasang sempurna di perangkat android, langkah selanjutnya yaitu membuka aplikasi dan biarkan sesaat hingga muncul tampilan antarmuka.

4. Root Checker bekerja secara otomatis mendeteksi perangkat android. Nantinya muncul dua jenis notifikasi yang memberitahukan apakah perangkat sudah di root atau belum.

  • “Congratulation! Root access is properly installed on this device” menandakan bahwa perangkat android dalam kondisi root.
  • “Sorry! Root access is not properly installed on this device” menandakan bahwa perangkat android belum di root.

Itulah empat cara mengecek dan mendeteksi apakah perangkat android sudah di root atau belum. Tidak terlalu sulit, kan?