Teknoflas.com – Polusi udara merupakan masalah klasik di sejumlah ibukota negara dunia. Salah satu penyumbang terbesar adalah asap yang dikeluarkan oleh kendaraan roda dua dan empat. Demi mengurangi pencemaran udara yang semakin tak sehat, Oslo melarang peredaran mobil dan sepeda motor.

image
Oslo bebas kendaraan bermotor pada 2019

Ibukota Norwegia tak bakal mengizinkan semua warga untuk memiliki kendaraan. Langkah ini sebagai upaya mengurangi masalah polusi udara yang sebagian besar disumbangkan oleh mobil dan sepeda motor. Peraturan tersebut menargetkan Oslo sebagai kota bebas asap kendaraan bermotor pada tahun 2019 mendatang.

Jika target berhasil dicapai, Norwegia bakal menjadi negara pertama dunia yang mengusung peraturan tegas tentang pelarangan kendaraan bermotor. Berdasar data pemerintah kota, saat ini ada sekitar 350 ribu unit kendaraan roda empat yang berkeliaran di jalanan Oslo.

Paris, London dan Madrid juga menerapkan aturan berkaitan dengan pembatasan kepemilikan mobil, namun tidak setegas Oslo yang berani mengambil tindakan ekstrim guna mengurangi masalah polusi udara.

Menurut penuturan Ketua negosiasi ‘Oslo Green Party’, Lan Marie Nguyen Berg, ibukota Norwegia bakal menjadi kota yang ramah bagi manusia untuk menghirup udara segar bebas polusi selagi berjalan kaki atau mengendarai sepeda kayuh.

Selain mencanangkan kota bebas kendaraan, pemerintah kota bakal memanjakan warganya untuk bersepeda. Menurut rencana, jalur sepeda sejauh 60 km segera diwujudkan dalam empat tahun mendatang. Dengan adanya jalur tersebut, warga semakin aman dan nyaman mengelilingi kota sambil mengayuh sepeda.

Meskipun mengusung peraturan ketat, pemerintah kota Oslo tetap mengizinkan keberadaan mobil pribadi untuk kaum disabilitas dan keperluan niaga sehingga roda bisnis terus berputar.