Teknoflas.com – Ini dia ciri-ciri penyakit ISPA yang harus segera dikenali sejak dini guna menghindari kemungkinan terburuk pada si penderita, yakni kematian. Banyak masyarakat Indonesia yang kurang begitu mengenal Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), sehingga cenderung membiarkan atau bersikap cuek terhadap semua gejala yang muncul.

Ini 9 ciri-ciri ISPA
Ini 9 ciri-ciri ISPA

ISPA mengakibatkan infeksi pada saluran udara manusia yakni sinus, tenggorokan hingga paru-paru. Biasanya virus ataupun bakteri merupakan penyebab utama terjadinya infeksi. Penderita biasanya sulit menghidup udara karena fungsi pernapasan yang terganggu.

Penyakit ISPA harus ditangani secepat mungkin karena dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan. Kematian merupakan resiko terburuk karena penderita tak mendapat asupan oksigen yang cukup. Hal paling berbahaya dari penyakit ini yaitu gampang menyebar ke orang lain.

Berdasar hasil studi diketahui bahwa orangtua usia lanjut, anak-anak dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah justru lebih gampang mengidap penyakit ini. Lalu, apa saja ciri-ciri penyakit ISPA yang wajib diwaspadai..? Bila hidung dan paru-paru sudah terinfeksi, penderita akan memperlihatkan gejala berupa:

1. Penyumbatan hidung yang disertai keluarnya lendir atau berair.

2. Paru-paru tak bisa bernafas lega, seperti ada yang terhambat.

3. Tenggorokan terasa sakit dan sering batuk-batuk.

4. Tubuh terasa lelah dan lemas.

5. Muncul rasa sakit di beberapa bagian tubuh.

Apabila bertambah parah, maka ciri-ciri penyakit ISPA lanjutan berupa:

6. Semakin susah menarik nafas.

7. Mengalami demam tinggi dan tubuh menggigil kedinginan

8. Penurunan tingkat oksigen dalam darah.

9. Sulit menjaga kesadaran dan jatuh pingsan tiba-tiba.

Itulah sembilan ciri-ciri penyakit ISPA yang harus diwaspadai sedini mungkin guna mengantisipasi kemungkinan terburuk yakni kematian pada si penderita.