Teknoflas.com – Inilah roket buatan NASA yang siap bawa rombongan manusia ke Mars. Seperti diketahui, badan antariksa asal Amerika Serikat itu berupaya mengirim sejumlah koloni ke ‘planet merah’ tersebut pada tahun 2018 mendatang.

Inilah Roket SLS Buatan NASA
Inilah Roket SLS Buatan NASA

Guna mewujudkan misi yang menjadi bagian dari ilmu pengetahuan di masa depan, NASA telah merancang sebuah roket bernama Space Launch System (SLS). Tak seperti hasil rancangan terdahulu, SLS nantinya bakal diklaim sebagai pesawat roket terbesar dan terkuat sepanjang sejarah teknologi umat manusia.

Lewat laman resmi NASA, dimensi SLS yaitu berat 2.494 ton, tinggi 98 meter dan daya dorong lepas landas 3.810 ton. Roket ini siap membawa muatan seberat 70 metrik ton atau setara 77 kendaraan truk yang membawa muatan satu ton.

SLS dilengkapi dua roket pendorong dengan bahan bakar padat untuk lepas landar dari permukaan Bumi menuju Planet Mars. Demi keamanan penerbangan, NASA melengkapi pesawat roket dengan avionik, komputer penerbangan, tempat landasan dan mesin tangguh.

Perbandingan SLS dengan roket buatan NASA lainnya
Perbandingan SLS dengan roket buatan NASA lainnya

Roket SLS hanya bisa lepas landas di tempat khusus. Oleh karena itu, NASA telah menyiapkan tempat landasan dari tower 66 meter dan diameter 9,2 meter. Agar empat mesin RS-25 bisa membawa pesawat terbang menuju Mars, maka bahan bakar yang  digunakan berupa oksigen cair dan hidrogen cair.

Kini NASA tengah melakukan tahap penyempurnaan serta ujicoba untuk mengetahui kelayakan pesawat roket SLS. Bila tak ada halangan apapun di masa depan, koloni manusia siap berangkat ke Planet Mars pada 2018 mendatang. Menarik sekali menanti tanggal resmi peluncuran!