Teknoflas.com – Menurut pengakuan sejumlah pengunjung yang berhasil menyelamatkan diri, penyebab kebakaran Inul Vizta di Kota Manado (25/10/2015) akibat semburan api dari lantai dua yang cepat menyambar seluruh ruangan dalam waktu singkat karena terbuat dari bahan mudah terbakar.

foto kebakaran inul vizta manado
foto kebakaran inul vizta manado

Sejumlah pengunjung yang ada di lantai dua dan satu masih sempat melarikan diri dari kobaran si jago merah, sementara pengujung lantai tiga terjebak dan sebagian besar tidak mengetahui bila api sudah melahap habis lantai di bawahnya.

Menurut keterangan saksi, api tidak begitu besar sebelum tim petugas kebakaran datang. Waktu itu hanya tampak bara, namun ruangan lantai sudah penuh sesak dengan kepulan asap hitam yang mengganggu pernapasan.

Penyebab kebakaran Inul Vizta di Kota Manado akibat api dari lantai dua telah membuat pengunjung panik. Mereka yang berada di lantai tiga tak bisa menyelamatkan diri karena api sudah membesar di lantai dua. Sebagian terjebak, namun ada pula yang berusaha kabur dengan memecahkan jendela.

Api cepat membakar seluruh area lantai dua karena ruangan yang terbuat dari dinding spon dan plastik mudah terbakar. Menurut keterangan pegawai karaoke yang menjadi saksi mata, kebakaran terjadi pada Minggu dini hari (25/10/2015) pukul 00.30 WITA, sementara petugas pemadam butuh waktu dua jam untuk menjinakkan ‘Si Jago Merah’.

Akibat kebakaran tersebut, 12 pengunjung dinyatakan meninggal dunia. Ada yang tewas karena menghirup asap pekat dan terkena sambaran api. Hingga kini pihak kepolisian masih mencari tahu penyebab kebakaran Inul Vizta di Kota Manado dimana api berasal dari lantai dua menurut pengakuan para saksi mata.