Teknoflas.com – Bagaimana cara memasang atau instal ulang aplikasi Google Play Store yang tak sengaja terhapus? Perangkat android bakal terasa hampa bila tak terpasang toko aplikasi robot ijo yang merupakan gudang komplit untuk mengunduh buku, game, aplikasi hingga film.

image
5 cara pasang Google Play Store

Namun ada kalanya pengguna perangkat secara tidak sengaja ataupun sengaja menghapus Google Play Store. Tak perlu panik menghadapi situasi seperti ini, ikuti saja empat langkah berikut untuk memasang kembali toko aplikasi robot ijo yang sempat hilang tanpa perlu mereset ulang perangkat android.

1. Coba buka menu ‘Setting’ lalu cari ‘Apps Unknown Sources’ dan beri tanda centang. Langkah ini bertujuan agar perangkat android bisa memasang aplikasi yang tak diunduh via Play Store. Mengapa? Karena aplikasi Google Play Store bakal diunduh via laman situs lain.

2. Buka web browser menuju forum-xda developer untuk mengunduh aplikasi Google Play Store. Jangan asal unduh tanpa mewaspadai segala sesuatu yang ada di sana. Disarankan untuk mengunduh langsung di thread, terutama yang telah memiliki sertifikat cryptography.

3. Jika selesai mengunduh via perangkat android, maka aplikasi tersebut secara otomatis tersimpan di folder download ataupun tempat yang sudah ditentukan sebelumnya.

4. Usai menemukan aplikasi di folder unduh, langkah selanjutnya yaitu membuka aplikasi dan memberi tanda centang persetujuan untuk memulai proses pengunduhan. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi selesai terpasang.

5. Langkah terakhir tinggal membuka aplikasi saat tengah terpasang dengan internet.

Ternyata tidak sulit bukan memasang atau instal ulang Google Play Store yang terhapus di perangkat android. Jika masih menemui kegagalan, coba cek kembali bagian ‘Settings’ dan pastikan ‘Apps Unknown Sources’ sudah diberi tanda centang.

Dengan terpasangnya Google Play Store, maka semakin mudah memasang atau menginstal aplikasi baru seperti game, buku hingga film. Bahkan pengguna juga bisa memperbarui aplikasi versi lama dengan terbaru.