Teknoflas.com –¬†Inilah foto eks kiper timnas Indonesia, Kurnia Sandy, saat membela Sampdoria di musim 1996/97. Penjaga gawang kelahiran Semarang itu sempat diharapkan tampil di Seri A, namun takdir berkata lain. Ia hanya sanggup bertahan selama semusim hingga akhirnya kembali merumput di tanah air.

foto kurnia sandy di sampdoria
foto kurnia sandy di sampdoria

Perjalanan Kurnia Sandy hingga membela Sampdoria tergolong penuh lika-liku. Awalnya dia ikut program PSSI Primavera pada tahun 1993 yang dilanjutkan bergabung ke Sampdoria Primavera. Penampilan gemilang di tanah Italia membuat pelatih Sven-Goran Eriksson tertarik merekrutnya sebagai kiper ke-4 Sampdoria.

Kurnia Sandy merupakan kiper terbaik Indonesia di akhir tahun 90-an. Memasuki awal tahun 2000, performanya agak menurun lantaran cedera. Menurut pengakuan Bima Sakti Tukiman yang sempat bersamanya di timnas, kegagalan Sandy di Sampdoria karena mengalami geger otak saat terkena tendangan kaki pemain lain di sesi latihan. Akibatnya, ia gagal mendapat kesempatan main di Seri A, padahal saat itu kiper pertama dan kedua tengah dibekap cedera.

foto kurnia sandy di sampdoria musim 199697
foto kurnia sandy di sampdoria musim 199697

Tak hanya itu saja, Sandy juga sempat menderita cedera serius saat membela timnas Indonesia melawan Kuwait di kualifikasi Piala Asia 1996. Di pertandingan yang berakhir dengan skor 2-2, Sandy terpaksa digantikan lantaran mengalami benturan kepala dengan seorang pemain lawan yang mengakibatkan keluarnya banyak darah lewat hidung.

Foto Kurnia Sandy saat memperkuat Sampdoria musim 1996/97 merupakan bukti nyata bahwa pemain Indonesia pernah merasakan langsung kerasnya atmosfer sepakbola Italia. Dia pernah satu tim bersama sejumlah legenda sepakbola Seri A seperti Karembeu, Montella, Veron, Mancini dan Mihajlovic.