Teknoflas.com –¬†Ternyata salah satu penyebab Gunung Rakutak terbakar karena ulah tangan manusia yang tak bertanggung jawab. Berdasar keterangan yang dihimpun sejumlah sumber valid, gunung yang terletak di Kawasan Pacet, Kabupaten Bandung itu terbakar karena ulah warga yang ingin membuka lahan pertanian.

Inikah Penyebab Gunung Rakutak Terbakar..?
Inikah Penyebab Gunung Rakutak Terbakar..?

Menurut pengakuan warga setempat, ada dua titik api di kawasan hutan Gunung Rakutak yang salah satunya berada di bagian puncak. Kepulan asap dan nyala api tampak jelas ketika berada di Jalan Pacet-Kertasari. Sejumlah warga khawatir api terus membesar dan mendekati area puncak pegunungan yang terhubung ke Gunung Geber.

Gunung Rakutak terbakar di musim kemarau sebenarnya sering terjadi, apalagi kebiasaan warga yang suka buka lahan dengan cara membakar. Namun sebagian warga merasa khawatir api bakal meluas karena kawasan hutan yang sedang kering akibat musim kemarau, apalagi berkaca pada kejadian kebakaran di Sumatera dan Kalimantan.

Selama ini membuka lahan dengan cara membakar kerap kali dilakukan oknum warga setempat, beruntung saja tak sampai meluas ke area lain. Ganung Rakutan saat ini masih memiliki kawasan tertutup yang belum dijamah tangan manusia, namun bagian lereng sudah gundul sejak berubah fungsi sebagai lahan pertanian.

Penyebab Gunung Rakutak terbakar karena ulah warga yang ingin membuka lahan bisa berakibat fatal jika tak diatasi secepat mungkin. Apalagi sekarang lagi musim kemarau yang disertai dengan hembusan angin kencang yang bisa membawa api merambat cepat ke kawasan lain lebih luas lagi.