lake-ranau2-www.sinnob.com_

Teknoflas.com – Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Indonesia. Danau ini terbentuk akibat dari gempa bumi dasyat dan letusan gunung vulkanik dan memiliki luas permukaan 125.9 km persegi dengan kedalaman 174 meter.

Danau Ranau menyuuguhkan udara yang sejuk karena secara geografis wilayah adalah wilayah perbukitan yang berlembah. Di danau ini, anda dapat menikmati pemandangan nelayan yang sedang mencari ikan karena di sini terkenal sebagai tempat untuk mencari ikan bagi para nelayan.

Danau Ranau merupakan danau yang terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatra Selatan. Danau ini dapat diraih melalui Kota Palembang. Dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, anda dapat menempuh perjalanan menggunakan mobil selama sekitar tujuh hingga delapan jam dengan rute Palembang – Prabumulih – Baturaja – Muaradua. Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum hanya di hari Rabu, Karena angkutan umum di Lampung hanya beroperasi pada saat pasar buka, yaitu pada hari Rabu.

Bagi anda yang berasal dari Jawa atau Lampung, rute untuk menuju danau ini dapat anda tempuh adalah melalui Bandar Lampung – Kota Bumi – Bukit Kemuning – Liwa – Kotabatu – Sukamarga atau Banding Agung. Perjalanan dari Bandar Lampung menuju Danau Ranau membutuhkan waktu enam sampai tujuh jam dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Walaupun memakan waktu yang cukup lama, anda tidak menyesal setelah sampai di Danau ini. Karena, Danau Ranau juga memiliki pulau bernama Marisa. Di sana, terdapat sumber air panas yang sering dimanfaatkan oleh penduduk sekitar maupun para wisatawan. Untuk menyeberang ke pulau ini, anda bisa menggunakan perahu nelayan.