Taman-Nasional-Alas-Purwo

Teknoflas.com – Dengan luas 43.420 hektar danketinggian 322 meter di atas permukaan laut, Taman Nasional Alas Purwo merupakan hutan dengan usia tertua di Pulau Jawa.

Hutan ini merupakan hutan hujan alami di Pulau Jawa. Di sana, terdapat 580 jenis flora dan 50 jenis fauna yang tersebar di segala penjuru hutan. Taman ini terbagi menjadi empat zona, yakni zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan, dan zona penyangga. Beberapa jenis tanaman yang ada dapat anda lihat di sini di antaranya adalah sawo kecik, ketapang, rumput, herba, dan lain-lainnya.

Beberapa fauna juga terdapat di Taman Nasional Alas Purwo diantaranya adalah banteng (Bos javanicus), rusa (Cervus timorensis), ajag (Cuon alpinus), babi hutan (Sus scrofa), kijang (Muntiacus muntjak), macan tutul (Panthera pardus), lutung (Trachypithecus auratus), kera abu-abu (Macaca fascicularis), biawak, dan masih banyak lagi.

Taman ini juga terdapat 236 jenis burung darat dan burung air seperti ayam hutan, kangkareng (Antracoceros coronatus), rangkok (Buceros undulatus), merak (Pavo muticus) dan cekakak Jawa (Halcyon cyanoventris).

Jika anda ingin mengunjunginya, anda dapat mengambil rute Banyuwangi menuju Kecamatan Rogojampi – Srono – Muncar – Tegaldlimo. Setelah sampai di kecamatan Tegaldlimo, anda harus melewati jalan sekitar 10 km melalui jalan berbatu. kemudian, anda akan menemukan Pos Perhutani Taman Nasional Alas Purwo yang merupakan gerbang masuk menuju Alas Purwo.

Apabila anda berasal dari Surabaya, anda bisa menempuh rute Surabaya – Jember yang membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 hingga 5 jam. Dari arah Jember, perjalanan menuju Kecamatan Genteng yang berjarak sekitar 65 km, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menuju Jajag – Srono – Muncar – Tegaldilmo, anda akan sampai di Alas Purwo.

Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi, karena di sana anda akan kesulitan mencari kendaraan umum yang dapat mengakses sampai ke Alas Purwo.