kebakaran-hutanTeknoflas.com – Kodim 1701/Jayapura bersama masyarakat dan pihak terkait memadamkan kebakaran hutan yang terjadi diatas Gunung Adu Mama, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

“Pemadaman itu dilakukan sejak Sabtu kemarin,” kata Perwira Seksi Logistik Kodim 1701/Jayapura Kapten Inf Haryanto di Kota Jayapura, Papua, Senin Menurut dia, upaya pemadaman hutan di atas Gunung Adu Mama, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur terus diupayakan sejak terima pengaduan dari masyarakat dan mendapat atensi dari pimpinan pada Jumat pekan kemarin.

“Upaya pemadaman itu melibatkan 165 orang personel gabungan dari Koramil 1701-01/Sentani, pegawai Balai Besar KSDA Provinsi Papua, pegawai Pemda Kabupaten Jayapura, masyarakat Kampung Harapan dan siswa dari Rindam XVII/Cenderawasih,” katanya.

Ia mengatakan, meski kondisi medan yang berat dan luasnya hutan yang terbakar serta sumber air yang jauh tidak mempengaruhi proses pemadaman tetapi dengan semangat dan kerja sama yang solid tim berhasil mengurangi titik api walaupun dengan alat seadanya.

“Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar kebakaran tidak melebar, karena dampaknya akan sangat mempengaruhi dan menggangu masyarakat,” katanya.

Dalam mengatasi kebakaran lahan dan hutan itu, kata dia, pemerintah mengerahkan segenap kemampuan, diantaranya melibatkan TNI, Polri, masyarakat untuk bersama-sama mengatasi dan memadamkan api kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap.

“Hal ini dilakukakan karena sesuai Undang-Undang TNI No 34 tentang tugas militer selain perang diantaranya adalah membantu pemerintah daerah dalam mengatasi bencana alam, maka TNI mempunyai kewajiban dan tanggungjawab dalam mengatasi bencana asap yang terjadi,” katanya.