libur-karena-asapTeknoflas.com – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) meliburkan anak sekolah selama dua hari yakni pada Selasa (26/10) dan Rabu (27/10).

“Benar, sesuai kebijakan Bupati Pasaman Barat terkait kabut asap yang semakin pekat maka anak sekolah kita liburkan selama dua hari mulai besok,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pasaman Barat Yasri Uripsyah di Simpang Ampek, Senin.

Ia mengatakan surat edaran atau intruksi dari bupati sudah disebarkan keseluruh sekolah yang ada melalui Dinas Pendidikan.

Seluruh jenjang pendidikan mulai dari PAUD, TK, SD , SLTP dan SLTA diliburkan karena bencana kabut asap yang semakin pekat.

“Kepada anak-anak diharapkan nantinya tidak bermain-main di luar rumah karena bisa terancam penyakit Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA),” ujar Sekda.

Menurutnya, kualitas udara di Pasaman Barat memang sangat buruk sejak sepekan terakhir meski belum ada penelitian laboratorium tentang sejauh mana kualitas udara di daerah itu.

Sedangkan jarak pandang hanya sekitar 500 meter.

Yasri menjelaskan jika kabut asap semakin pekat maka tidak tertutup kemungkinan libur anak sekolah akan diperpanjang.

Kabut asap juga menyebabkan jadwal penerbangan di Bandara Pusako Anak Nagari (PAN) dari Pasaman Barat-Padang dihentikan untuk sementara waktu.

“Sudah lima kali penerbangan Susi Air dibatalkan mengingat kabut asap. Sebab penerbangan yang ada masih mengandalkan visual atau jarak pandang mata pilot,” kata Kepala Bandara PAN Pasaman Barat Eva Wardi Putra.