Obama Maklum Jokowi Batalkan Kunjungan San Fransisco

obama2Teknoflas.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama memaklumi keputusan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk membatalkan rencana kunjungannya ke San Fransisco setelah dari Washington DC.

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi di Blair House Washington DC, Senin mengatakan dalam pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan Presiden Obama di Oval Office, Gedung Putih tidak dibicarakan secara langsung soal pembatalan agenda tersebut.

“Tidak dibicarakan secara resmi tapi disinggung sedikit dan Presiden Obama sangat memaklumi. Sangat mengerti,” kata Retno.

Bencana asap yang sudah sedemikian parah di Indonesia mengharuskan Presiden Jokowi untuk terbang sesegera mungkin kembali ke Tanah Air.

Namun, Jokowi sebelumnya menegaskan agenda di San Fransisco untuk bertemu para insan kreatif dan CEO akan tetap seperti rencana semula.

Ia sudah menugaskan menteri-menteri terkait untuk meneruskan agenda tersebut dan melakukan pertemuan dengan para CEO di San Fransisco.

Dalam pertemuan bilateral kedua kepala negara juga membicarakan soal penanganan bencana asap.

“Dalam nada yang sangat positif, Presiden Obama memahami betul mengenai masalah asap yang tidak bisa dipadamkan begitu saja,” katanya.

AS bahkan menawarkan bantuan apa pun yang dibutuhkan dari pihak Indonesia dengan komitmen bantuan senilai 2,7 juta dolar AS.

Baca Juga  Bocoran Nama-Nama Menteri Kabinet Jokowi Terbaru dan Jabatanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *