Teknoflas.com Siapa raja ponsel pintar di dunia apakah Samsung atau apple, akhirnya terjawab sudah menurut salah satu pernyataan dari Data lembaga riset Strategy Analytic Kamis (24/1/2013) mencatat ada 700 juta smartphone yang telah di kapalkan sepanjang 2012. Dimana dari jumlah tersebut Setengah nya dikuasai oleh Samsung dan Apple.

Samsung menjadi raja di pasaran smartphone dengan mengirimkan sebesar 213 juta unit smartphone. Dimana jika di prosentase Samsung berhasil menguasai 30 persen pangsa pasar global. Menurut Strategy Analytic, Samsung sukses menjadi raja smartphone ini di sokong dengan produk yang premium maupun produk low end mereka seperti Galaxy Y yang murah hingga Galaxy S III dan Galaxy Note 2 yang berharga mahal.
samsung raja smartphone
Di posisi kedua di susul oleh Apple dengan meraih 19 persen pangsa pasar dengan mengirimkan sebanyak 135,8 juta unit iPhone. Dimana iPhone masih kuat di pasaran di Amerika Utara akan tetapi masih kalah di pasar berkembang seperti di Afrika.

Untuk peringkat ke tiga ada Nokia yang masih berada di peringkat 3 tahun 2012, dengan jumlah pengiriman 35 juta unit ponsel. Dengan data terbaru ini maka pangsa pasar Nokia turun dari 16 persen menjadi 5 persen pada 2012.

“Portofolio ponsel Windows Phone dari Nokia meningkat secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir, dengan model terbaru seperti Lumia 920,” tulis Strategy Analytic. Lembaga riset ini menyatakan, perusahaan Finlandia masih kekurangan ponsel unggulan sejati yang bisa bersaing dengan iPhone dan Galaxy S III.

Pasar ponsel global secara keseluruhan, termasuk kategori ponsel fitur, pangsa pasarnya tumbuh hanya 2 persen dengan jumlah unit yang dikirmlah sebanyak 1,6 miliar sepanjang 2012. Pertumbuhan yang tidak signifikan ini kemungkinan disebabkan karena perubahan kebijakan yang lebih ketat, perubahan selera konsumen, dan tantangan ekonomi di kawasan Amerika Utara dan Eropa Barat.