Woman doing crunches in gym

Teknoflas.com – Belakangan ini laman Independent memberikan kabar bahwa para ilmuwan Universitas Tsukuba, Jepang, mendapatkan bahwa fakta otak seseorang yang lebih bugar ternyata lebih awet muda.

Profesor Hideaki Soya menjelaskan bahwa jika kondisi tubuh seseorang sering dalam kondisi bugar, maka kedua sisi otaknya, kiri dan kanan, juga dalam keadaan demikian atau bahkan lebih baik.

Ada beberapa bukti yang mendukung teori bahwa orang dewasa bugar lebih mampu menjaga si materi putih, namun studi lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi teori ini.” tambah Soya.

Penelitian tersebut melibatkan 60 pria lanjut usia dengan range antara 64 dan 75 tahun mengikuti tes kecepatan fungsi otak. Mereka menunjukkan reaksi berbeda terhadap kartu dengan warna tertentu. Hal yang diamati ialah kemampuan mereka dalam mengenali warna, bukan kata. Karena kemampuan tersebut menunjukkan kondisi kebugaran tubuh mereka yang ditandai kecukupan jumlah oksigen dalam darah. Orang-orang yang lebih bugar lebih cepat dalam bereaksi. Sehingga, ilmuwan menyimpulkan bahwa otak mereka jauh lebih muda sekalipun fisik telah sampai pada usia lanjut.

Namun, seorang atlet senior Olga Kotelko dapat membuktikan bahwa kebugaran fisik dan mental mungkin saja dimiliki hingga usia lanjut bila rutin melakukan olahraga.

Penelitian sebelumnya, para peneliti menemukan adanya fakta bahwa aktivitas fisik rutin tidak hanya dapat meningkatkan fungsi kognitif, namun juga menurunkan risiko stres, bahkan meningkatkan memori sehingga dapat mencegah alzheimer.

Walaupun olahraga tidaklah melindungi otak dari peniaan atau penyusutan akibat berjalannya waktu, namun olahraga dapat memperlambat proses penuaan. Toh, apabila secara fisik tubuh anda baik, hal tersebut dapat membuat secara emosional anda lebih stabil, bukan?