Teknoflas.com – Apakah kuota internet cepat habis usai iPhone di-upgrade ke iOS 9..? Hal ini jelas merugikan karena bakal mengganggu aktivitas browsing, chatting dan streaming. Oleh karena itu, ikuti saja tiga tips berikut ini untuk menghemat paket internet agar kuota tidak cepat habis.

tips hemat kuota internet di iOS 9
tips hemat kuota internet di iOS 9

1. Nonaktifkan Wi-Fi Assist

Fitur Wi-Fi Assist secara otomatis memakai data internet seluler ketika jaringan wi-fi tidak bagus meskipun iPhone sedang terhubung dengan jaringan wifi lokal. Memang fitur ini memastikan perangkat tetap terhubung dengan internet, namun cenderung berbahaya ketika tengah asyik unduh file ukuran besar di jaringan wifi. Oleh karena itu, nonaktifkan saja Wi-Fi Assist.

  • Buka ‘Settings’ lalu menuju ‘Cellular’.
  • Turun ke bawah dan temukan ‘Wi-Fi Assist’. Ubah ke posisi ‘OFF’.

2. Nonaktifkan iCloud Drive

Salah satu keunggulan dari iOS 9 adalah iCloud Drive. Sayangnya fitur ini menguras kuota internet begitu cepat bila keseringan dipakai. Oleh karena itu, nonaktifkan saja iCloud Drive.

  • Buka ‘Settings’ lalu pilih ‘iCloud’.
  • Buka ‘iCloud Drive’ dan ubah ‘Use Cellular Data’ ke posisi ‘OFF’.

3. Nonaktifkan Background App Refresh

Fitur Background App Refresh sebenarnya memungkinkan aplikasi meng-update secara otomatis di background ketika tidak aktif. Namun aktivitas update otomatis akan menguras kuota internet yang berdampak buruk pada penggunaan baterai lebih boros. Oleh karena itu, nonaktifkan saja Background App Refresh.

  • Buka ‘Settings’ lalu menuju ‘General’ dan ‘Background App Refresh’.
  • Pastikan posisinya dalam keadaan ‘OFF’.

Itulah tiga tips menghemat kuota internet pada iPhone yang sudah mengusung sistem operasi iOS 9. Selain hemat data, menonaktifkan tiga opsi di atas turut berdampak positif bagi kinerja lebih cepat dan daya baterai lebih tahan lama.