Accessible_toilet

Teknoflas.com – Jangan remehkan penyakit diare. Jika dibiarkan dapat berakibat fatal, bahkan kematian. Terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan jika anda atau keluarga mengalami diare.

“Jangan langsung memberi obat tanpa ada konsultasi sama dokter,” ujar Ahmad Suryawan, Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUD Dr. Soetomo/FK Unair Surabaya, saat ditemui dalam acara temu media di Jakarta, Jumat (11/9) dilansir dari CNN Indonesia.

Umumnya, orang akan langsung meminum obat diare tanpa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal tersebut dapat memperparah diare yang sedang dirasakan pengidapnya.

Selain itu, Suryawan juga menjelaskan bahwa sebaiknya pengunaan obat antibiotik untuk mengatasi penyakit diare dikonsultasikan juga terlebih dahulu kepada dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kalau sembarangan minum antibiotik, bisa membunuh mikrobiota bersahabat yang ada di tubuh kita,” ujar dokter yang mendapatkan lisensi resmi sebagai ‘general movement expert’ dari Universitas Groningen tersebut.

Selain itu, Suryawan menjelaskan bahwa diare tidak hanya sebagai penyakit perut. Diare juga dapat diakibatkan oleh faktor psikologis. Deengan menyehatkan otak, perut pun akan jadi baik dan diare tidak akan menyerang tubuh.

“Cara buat otak kita sehat ya tinggal buat kita senang saja, nanti akan memberi dampak baik pada kesehatan perut kita,” ujarnya.

Diare juga tidak dapat dikatakan sebagai penyakit biasa yang dapat diremehkan. Yvan Vandeplas, seorang profesor dari departemen pediatrik Universitas Brussels, Belgia, menuturkan bahwa diare adalah penyakit yang dapat mengakibatkan hal-hal fatal.

“Diare bisa menyebabkan kematian, dan penyakit berbahaya lainnya,” kata Yvan.