Teknoflas.com – Dalam beberapa pekan terakhir, pemberitaan mengenai rencana perjalanan manusia ke mars terus memanas berkat kehadiran film fenomenal, The Martian. Kali ini NASA kembali membahas soal lokasi ideal pendaratan manusia di planet merah tersebut.

image
NASA tentukan lokasi pendaratan di mars

Bertempat di Lunar and Planetary Institute (LPI), Houston, Texas, badan antariksa Amerika Serikat NASA membuka diskusi selama tiga hari untuk mencari tahu lokasi atau tempat ideal pendaratan pesawat roket usai menerobos langit planet mars.

Tujuan diadakan diskusi yaitu mengidentifikasi dan membahas tempat ideal dimana koloni manusia dapat mendarat, hidup dan beraktifitas di atas permukaan tanah planet merah.

Dalam acara diskusi, para ilmuwan akan mengidentifikasi ‘zona eksplorasi’ dan membahas sejumlah pokok menarik. Mereka bakal membicarakan mengenai tempat yang memiliki sumber daya tertentu untuk mempermudah misi bertahan hidup di Mars.

Ada sejumlah kriterai yang harus ditetapkan dan salah satunya yaitu zona eksplorasi tidak boleh lebih dari 200 km. Hal ini dikarenakan mobil pengangkut yang membawa para koloni manusia hanya dapat menempuh jarak 100 km dari lokasi pendaratan.

Usai menentukan sejumlah calon zona eksplorasi, NASA akan mengusung misi untuk memetakan kawasan tersebut secara mendalam dari atas orbit. Hal ini mempermudah para ilmuwan untuk mengetahui potensi dari zone tersebut dan kualitas dari sumber daya yang ditemukan. Dengan demikian, semakin mempermudah pengiriman alat pengangkut yang dibutuhkan untuk berjelajah.