Teknoflas.com – Kaum pria wajib mewaspadai bahaya kanker prostat yang mengancam kesehatan. Sayangnya hal ini masih belum diketahui oleh sebagian besar lelaki Indonesia yang bersikap acuh tak acuh.

Pria manula lebih rentan kanker prostat..?
Pria manula lebih rentan kanker prostat..?

Berikut lima fakta kanker prostat yang wajib diwaspadai kaum pria demi menjaga kesehatan di masa depan.

1. Satu dari tujuh pria punya resiko besar terserang kanker prostat akibat bertambahnya usia dan efek manula. Berdasarkan studi kasus di Amerika Serikat periode 2003-2007, 35 persen penderita berasal dari pria usia 65-74 dan 25 persen berasal dari pria usia 75 tahun ke atas.

2. Kanker prostat menjadi penyebab ketiga kematian pada pria usia 80 tahun ke atas. Namun berkat studi berkelanjutan dan penemuan metode pengobatan, angka kematian akibat kanker ini menurun drastis.

3. Ada beragam metode pengobatan yang bisa ditempuh berdasarkan usia, kondisi kesehatan, tipe dan level kanker prostat. Dokter biasanya mengandalkan operasi, kemoterapi, radiasi, terapi hormon hingga terapi vaksin. Sebaiknya selalu konsultasi dengan dokter untuk mengetahui yang terbaik untuk anda.

4. Tak semua penderita kanker prostat harus diobati secepat mungkin. Manajemen perawatan biasanya tergantung pada komorbiditas, ketergantungan, aktivitas harian, faktor gizi dan usia.

5. Usia pria yang terus bertambah berdampak peningkatan resiko kanker prostat. Sejumlah studi menyebut bahwa jenis kanker ini jarang terjadi pada pria berusia di bawah 40 tahun. Sebuah studi justru mengungkap bahwa pria keturunan afrika-amerika lebih berpotensi kena kanker prostat dibandingkan etnis lainnya.

Itulah lima fakta kanker prostat yang harus diketahui oleh kaum pria. Walaupun sejumlah studi menyebut penyakit penyakit ini lebih rentan terjadi pada pria usia lanjut atau manula, sebaiknya menjaga kesehatan tubuh sejak muda dengan pola hidup sehat.