Teknoflas.com – Berikut empat tips download video Youtube ke perangkat android yang harus anda ketahui. Tak seperti mengunduh via desktop PC ataupun laptop, ada trik tersendiri agar video youtube bisa diputar kembali secara offline atau tanpa terkoneksi dengan internet.

image
tips download video youtube ke perangkat android

Aplikasi pihak ketiga

Android menyediakan aplikasi Youtube yang bisa diunduh langsung via Play Store. Sayangnya aplikasi tersebut hanya bisa streaming tanpa opsi download. Oleh karena itu, pengguna android harus memakai jasa layanan pihak ketiga yang tersedia di toko aplikasi. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah TubeMate, sayangnya tidak tersedia di Play Store milik Google sehingga hanya bisa diunduh via laman resmi aplikasi tersebut.

Menyimpan video untuk offline

Cara ini sedikit berbeda dari unduh secara konvensional. Di sini pengguna memanfaatkan aplikasi resmi Youtube keluaran Google. Pertama-tama cari video yang diinginkan lalu tentukan format dan menekan ikon download berukuran kecil. Nantinya video bisa tersimpan dan ditonton secara offline melalui aplikasi Youtube. Ini sedikit merepotkan dibanding download dengan pihak ketiga karena mewajibkan pengguna untuk streaming terlebih dahulu.

Layanan online

Jika memakai layanan pihak ketiga dengan menginstal aplikasi tidak begitu oke, maka coba layanan online yang sudah terkenal sejak lama seperti SaveTube and KeepVid. Tidak begitu sulit memakai layanan online, cukup copy paste alamat url video ke kolom yang tersedia dan pilih format video yang diinginkan. Opsi ketiga ini jauh lebih baik ketimbang langkah nomer satu dan dua namun semua harus dilakukan via browser.

Unduh sebagian video

Jika hanya ingin mengunduh sebagian momen dari video, maka tak perlu download video secara lengkap. Saat ini ada beragam layanan clipconverter secara online yang memungkinkan pengguna android untuk mengunduh video dengan momen atau detik tertentu, dengan demikian tak perlu mengunduh video sesuai panjang durasi.

Itulah empat tips mengunduh video Youtube ke perangkat android. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, sebaiknya coba satu per satu untuk penyesuaian selera.