Teknoflas.com – Bagaimana cara mengatasi motor matic yang mati mendadak? Tentu banyak pengendara pemula yang kebingungan menghadapi situasi seperti ini, apalagi terbiasa memakai kendaraan tanpa mengetahui seluk-beluk perawatan. Hal ini sering banget menimbulkan kekhawatiran bagi pengemudi wanita.

image
Cara mengatasi motor matic mati mendadak

Ketika menghadapi situasi dimana motor matic mati mendadak, pengendara tak perlu panik dan khawatir berlebihan. Berdasarkan sejumlah kasus yang sering terjadi, ada tiga hal yang menyebabkan kendaraan roda dua jenis matic suka mati mendadak yakni masalah kelistrikan, kehabisan bahan bakar hingga kebocoran kompresi.

Dari sejumlah kasus yang sering dihadapi oleh teknisi kendaraan, penyebab motor matic mati mendadak yaitu adanya kebocoran kompresi. Lalu, tindakan apa yang harus dilakukan oleh pengendara agar motor kesayangan segera nyala lagi? Ikuti saja tiga langkah ringkas sebagai berikut!

1. Jangan khawatir dan panik ketika motor matic mati mendadak saat tengah asyik berkendara di tengah jalan. Segera pinggirkan kendaraan roda dua ke bagian tepi jalan dan pasang standar tengah. Matikan mesin untuk sementara waktu, setidaknya 2-3 menit.

2. Coba cek sistem injeksi kendaraan, pastikan tak ada masalah apapun. Ubah posisi kunci ke arah ‘on’, pastikan terdengar suara dengung ‘ngiing’. Coba dekatkan telinga ke bagian samping kiri jok agar terdengar jelas. Apabila masih mengeluarkan suara dengung, artinya sistem injeksi tidak ada masalah apapun.

3. Coba nyalakan sepeda motor dengan menarik gas ke posisi penuh, tahan untuk beberapa saat. Setelah itu matikan kendaraan, lalu nyalakan kembali dengan kombinasi electric starter dan kick starter secara bergantian. Lakukan beberapa kali sehingga motor matic kesayangan bisa menyala tanpa kendala apapun.

Demikian tiga langkah yang bisa dilakukan oleh pengendara ketika motor matic kesayangan mati mendadak di tengah jalan. Tidak begitu sulit bahkan untuk seorang pemula yang tak paham apapun tentang mesin, bahkan motor tidak perlu dibawa ke bengkel terdekat.