Teknoflas.com – Meninggalnya Ade Juwita akibat sakit kelenjar getah bening dan sejumlah komplikasi penyakit jadi hantaman keras bagi dunia hiburan tanah air. Ia termasuk komedian senior yang ramai menghiasi industri film dan televisi pada akhir 80-an serta awal 90-an sebelum akhirnya meredup dan jarang diliput awak media.

image
Foto Ade Juwita sewaktu muda

Ade menghembuskan nafas terakhir pada Jumat pagi (6/11/2015) di sebuah rumah sakit Kota Sorong Papua. Berita turut dikonfirmasi oleh sejumlah kawan terdekat dari kalangan artis, seperti Harry De Fretes dan Debby Sahertian.

image
Foto masa muda Ade Juwita

Kematian Ade Juwita juga meninggalkan duka mendalam bagi Irham Acho Bahtiar selaku pelaku dunia hiburan Papua. Menurutnya Ade merupakan sumber inspirasi bagi masyarakat timur untuk berani terjun ke dunia hiburan nasional.

image
Foto Ade Juwita Bareng Harry De Fretes

Irham mengatakan, Ade menjadi salah satu faktor pendorong baginya untuk memajukan dunia hiburan Papua agar semakin dikenal oleh masyarakat luas. Ia tak lupa melabeli almarhum sebagai komedian pertama Papua yang berhasil menembus ketatnya persaingan dunia hiburan Indonesia.

image
foto terakhir Ade Juwita bareng Lenong Rumpi

Ade Juwita mulai dikenal masyarakat Indonesia sejak tampil di film ‘Lenong Rumpi’ bareng Debby Sahertian, Harry De Fretes dan Robbi Tumewu. Ia pun sempat membintangi sinetron horor di salah satu TV nasional yang sukses di pertengahan 90-an, yakni Si Manis Jembatan Ancol.