Cash-photo

Teknoflas.com – Dalam waktu dekat, anda akan menikmati liburan. Tentunya, anda tidak ingin melewatkan liburan dengan biasa-biasa saja, bukan? Tidak ada salahnya untuk merencanakan liburan dengan pertimbangan yang matang. Karena, apabila anda tidak merencanakannya dengan baik, anda dapat terjebak dalam keborosan ketika berlibur.

Ada beberapa langkah sebelum anda berlibur dalam mempersiapkannya, dari segi tujuan, keuangan, dan hal-hal yang mungkin dalam kategori ‘tiba-tiba’. Berikut hal-hal yang perlu anda rencanakan sebelum mengangkat tas dan menikmati liburan.

1. Menyusun Rencana Liburan
Beberapa orang yang menjadikan liburan sebagai kebutuhannya. Jika anda termasuk di dalamnya, sangat penting untuk merencanakan liburan dalam frekuensi yang dapat dijangkau. Seperti enam bulan sekali, setahun sekali, atau frekuensi lainnya sesuai dengan waktu luang anda.

2. Tujuan, Waktu Keberangkatan, dan Lama Perjalanan
Tentukan tujuan liburan di mana anda benar-benar ingin mengunjunginya. Jangan terpaku pada waktu liburan saja. Pastikan waktu yang diperlukan dalam perjalanan dapat anda tempuh dengan baik.

3. Transportasi

Semakin jauh destinasi yang anda pilih, semakin besar pula biaya yang diperlukan. Maka dari itu, pastikan transportasi apa saja yang akan anda pakai beserta biaya yang diperlukan.

4. Akomodasi & Makanan
Anda dapat memilih penginapan dengan model guest house. Jika memungkinkan, anda dapat membeli bahan-bahan mentah untuk konsumsi anda pribadi sehingga menghemat uang makan.

5. Uang
Meminimalisir membawa uang tunai juga meminimalisir risiko yang terjadi.

6. Oleh-oleh
Untuk yang satu ini, anda perlu perencanaan yang benar-benar tepat. Anda perlu mendata siapa saja yang akan anda beri oleh-oleh. Apabila telah gelap mata, belilah oleh-oleh untuk keluarga inti terlebih dahulu.