happy-life

Teknoflas.com – Setiap orang pasti menginginkan kehidupan bahagia. Materi yang cukup, pasangan yang ideal, lingkungan yang aman, serta beberapa indikator kebahagiaan lainnya. Seringnya, kita cenderung membandingkan kehidupan orang lain dengan kehidupan kita. Hanya karena seseorang mendapatkan apa yang kita inginkan, maka orang tersebut dapat dikatakan beruntung. Padahal, bisa jadi, orang tersebut juga tengah menginginkan hal lain yang dimiliki orang lain.

Lalu, apakah bahagia itu? Adakah tempat yang memang berisikan orang-orang bahagia seperti itu? Mungkinkah kita mendapatkan kebahagiaan yang diinginkan?

Mengutip dari Business Insider, ternyata hal ini mungkin saja terjadi. The Legatum Institute, merilis sebuah laporan tahunan global Prosperity Index. Survei ini menempatkan beberapa negara yang paling makmur di dunia. Dengan pemikiran berbeda, laporan ini tidak menjadikan kecukupan ekonomi sebagai indikator kebahagiaan.

Legatum Institute membandingkan 89 variabel yang berbeda dari 142 negara yang dianggap memenuhi syarat. Variabelnya mencakup tradisional indikator seperti GDP per kapita dan jumlah orang yang bekerja penuh, keamanan pangan, dan bagaimana kesejahteraan orang dalam kesehariannya. 

Variabel ini kemudian dibagi menjadi delapan sub bagian. Di antaranya adalah ekonomi, wirausaha, pemerintahan, edukasi, kesehatan, keamanan, kebebasan penduduk, dan sosial.

Berikut peringkat 10 besar negara yang dianggap paling makmur, termasuk urusan kebahagian serta kesejahteraan penduduknya:

1. Norwegia

2. Swiss

3. Denmark

4. Selandia Baru

5. Swedia

6. Kanada

7. Australia

8. Belanda

9. Finlandia

10. Irlandia