Teknoflas.com – Bagaimana cara menghapus aplikasi secara permanen di perangkat android? Pertanyaan sederhana ini muncul karena sangat mudah memasang aplikasi di smartphone kesayangan. Saking mudahnya, pemilik ponsel memasang beragam aplikasi yang terkadang penting dan tak penting sama sekali.

image
hapus aplikasi secara permanen di perangkat android

Memasang beragam aplikasi yang tak penting berdampak buruk bagi kinerja smartphone sehingga berjalan lambat alias lemot. Untuk mengatasinya dianjurkan hapus aplikasi yang jarang terpakai.

Menghapus aplikasi bakal mengurangi kinerja memori RAM dan memori internal/eksternal. Dengan kata lain performa smartphone kesayangan jadi lebih ringan dan kembali ngebut.

Sayangnya tak semua pengguna smartphone tahu cara tepat untuk menghapus aplikasi secara permanen. Apabila proses ‘uninstall’ tidak dilakukan dengan benar, maka memori RAM serta internal/eksternal masih terbebani.

Begini langkah-langkah menghapus aplikasi secara permanen di perangkat android.

1. Silahkan akses menu ‘Settings’ di perangkat android, entah itu smartphone atau tablet.

2. Cari dan buka opsi ‘Applications’. Nantinya bakal muncul daftar aplikasi yang sudah terunduh.

3. Cari aplikasi yang ingin dihapus, tekan dan pilih tombol ‘uninstall’. Segera konfirmasi untuk memulai proses penghapusan aplikasi dari smartphone atau tablet.

4. Meskipun sudah menghapus aplikasi di perangkat android, Google Play Store masih menyertakan nama aplikasi di daftar download sehingga pengguna dapat mengunduh jika kembali butuh.

5. Bila sudah tak perlu dan mau dihilangkan secara permanen dari daftar download Google Play Store, buka tab navigasi di pojok kiri layar lalu pilih ‘My apps’. Segera geser atau swipe ke kiri dari daftar download untuk melihat semua aplikasi yang pernah terpasang.

6. Cari nama aplikasi yang ingin dihapus, lalu klik tanda silang di sudut kanan untuk menghapus secara permanen dari daftar download Google Play Store.

Itulah enam langkah mudah hapus aplikasi secara permanen di perangkat android dan Google Play Store. Gampang banget, kan?