puncak-jayawijaya

Teknoflas.com – Hiking menjadi kegiatan menyenangkan yang dapat dijadikan pilihan ketika liburan. Bagi pemuda, menaklukan gunung merupakan tantangan yang mengasyikkan. Apa sih yang didapat dari puncak gunung yang menyentuh langit?

Puncak gunung di Indonesia memiliki pemandangan yang tidak dapat diremehkan. Beberapa gunung ini sangat direkomendasikan untuk anda yang gemar mendaki ke puncak tertinggi.


1. Puncak Jayawijaya, Papua
Terdapat salju yang diselimuti gunung,
gunung ini berada di ketinggian 4.800 meter di atas permukaan laut (dpl). Salju inilah yang membuat puncak Jayawijaya menjadi sangat indah. Namun, mendakinya perlu ketahanan fisik dan mental yang tinggi. Namun, akibat pemanasan global, salju di puncak gunung ini terus mencair.

2. Gunung Kalimutu, Nusa Tenggara Timur
M
enaklukkan puncak gunung (1.690 meter dpl) yang masuk ke dalam area Taman Nasional Kalimutu ini tidak perlu ngoyo, terdapat area parkir kendaraan sudah dekat ke puncaknya. Udara sejuk dan pemandangan tiga danau warna di puncaknya sangatlah menggugah, terlebih saat matahari terbit. Di gunung ini pun ditumbuhi flora yang jarang ditemukan di bagian lain Flores.

3. Gunung Bromo, Jawa Timur
Gunung Bromo terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Untuk mencapai gunung ini, tersedia angkutan berupa mobil Landruiser berpenggerak empat roda, yang dapat membawa anda ke puncak. Gunung Bromo sendiri dikelilingi lautan pasir seluas 5.250 hektare di ketinggian 2.392 meter dpl. 

4. Gunung Kerinci, Jambi
Gunung Kerinci dikelilingi hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan bagian dari pengunungan Bukit Barisan di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Gunung ini memiliki tinggi 3.805 meter dpl ini memanjang dari utara ke selatan dengan lebar 13 km dan panjang 23 km. Selain itu, terdapat kawah seluas 600 meter dengan air berwarna kekuningan di sisi timur laut puncak gunung.

5. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.720 meter dpl. Pendakian ke Gunung Rinjani dapat dilalui melalui dua jalur, yaitu jalur pendakian Senaru dengan jarak tempuh 7-10 jam dan jalan Sembalun yang membutuhkan waktu tidak jauh berbeda yaitu 8-10 jam. Kedua jalur itu akan melewati salah satu obyek wisata utama di gunung tersebut yaitu Danau Segara Anak.