Teknoflas.com – Bagaimana cara hapus aplikasi secara permanen di perangkat iOS…? Seperti diketahui, semua produk apple mengusung sistem operasi mobile buatan sendiri, yakni iOS, yang merupakan ‘seteru abadi’ android.

image
cara hapus aplikasi di perangkat iOS

Sistem operasi iOS menyimpan beragam keunikan, begitu pula dalam menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi. Pengguna hanya perlu menekan ikon aplikasi hingga muncul tanda silang kecil di bagian sudut.

Untuk menghapus aplikasi cukup menekan tanda silang tersebut lalu mengkonfirmasi penghapusan. Apabila menghapus aplikasi tertentu secara tidak sengaja, maka pengguna hanya perlu menekan tombol ‘Home’ untuk me-restore ikon aplikasi. Harap diingat selalu, cara di atas hanya berlaku untuk aplikasi yang terunduh dari App Store dan bukan pre-installed software seperti Safari atau Newsstand.

Proses penghapusan aplikasi belum seutuhnya berjalan dengan baik jika perangkat terhubung ke PC atau Mac. Demi mencegah pengunduhan ulang setiap kali perangkat terhubung, pengguna wajib menghapus aplikasi tak diinginkan dari library iTunes. Untuk melakukan hal ini sangat mudah, buka iTunes di PC atau Mac lalu pergi ke library iTunes. Cara aplikasi yang sudah terhapus dari perangkat, klik kanan dan pilih hapus alias ‘delete’.

Tak perlu ragu menghapus aplikasi dari iTunes, meskipun termasuk aplikasi berbayar sekalipun. Software buatan Apple itu masih mengingatnya dan semua aplikasi berbayar bakal tercantum di bagian ‘Purchased’ pada akun iTunes.

Cara menghapus aplikasi secara permanen di perangkat iOS ternyata sangat mudah. Meskipun demikian, pengguna wajib melakukan hal serupa di akun iTunes demi mencegah pengunduhan ulang ketika perangkat terhubung ke Mac atau PC.