have-you-looked-at-your-tongue-lately

Teknoflas.com – Musim hujan segera datang. Makanan dengan suhu suam-suam kuku akan menjadi favorit. Jangan lupa, ketika memakan dengan suhu panas seperti itu, lidah dan gusi dapat berisiko terbakar.

Lidah merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif jika kita memakan panganan atau minuman yang terlalu panas. Bagian ujung lidah akan terasa melepuh, mati rasa, dan kering. Tidak hanya lidah, bibir dan gusi pun juga dapat menjadi sasaran.

Every Day Health lewat situsnya menguraikan beragam cara mengatasi masalah ini dari para sejumlah dokter gigi. Hadie Rifai, dokter dari Klinik Cleveland, menyarankan untuk segera mengambil es batu dan memasukkannya ke dalam mulut. 

“Sebungkus es batu atau sebuah es krim bergagang akan membantu mengurangi sensasi terbakar,” ujar Rifai seperti dilansir dari Every Day Health

Selain itu, anda dapat memasukkan cairan atau panganan yang lembut untuk menghilangkan sakit. Susu adalah pilihan terbaik untuk langkah ini. Meminum obat yang dapat mengembalikan kondisi mulut dan lidah seperti semula sekaligus menghilangkan nyeri juga dapat menjadi solusi ketika lidah terasa terbakar.

“Acetaminophen, ibuprofen, atau obat penghilang nyeri lainnya adalah pilihan yang baik,” ujar dokter Steve Krendl. 

Sebuah produk bernama Orabase juga dapat menyelematkan lidah atau mulut yang terbakar untuk sementara. Dokter Shila Yazdani menjelaskan mengenai cara lain yang dapat segera mengobati rasa sakit yaitu dengan mengonsumsi vitamin E karena vitamin ini dapat membantu regenerasi kulit dan jaringan. Rajin membersihkan gigi dan mulut, serta membiarkan lidah agar dapat sembuh dengan sendirinya tentu dapat membantu mengurangi peradangan akibat terbakar.

Apabila dalam tujuh hari masih saja terasa sakit, lebih baik anda ke dokter untuk berkonsultasi.

Terdapat sejumlah tips untuk mencegah lidah dan mulut agar tak terbakar.

Pertama, membiarkan panganan dan minuman agar dingin dalam rentang waktu beberapa menit. Terlebih, jika anda melihat langsung panganan itu baru saja diangkat dari kompor atau pemanggang. Selanjutnya, anda dapat bisa meniup dulu hindangan tersebut hingga dingin. 

Bagaimana cara mengetahui apakah makanan atau minuman sudah dingin dan dapat dikonsumsi secara aman? dokter Aurelio Alonso, asisten gurubesar di Sekolah Kedokteran Gigi Universitas Case Western, menyarankan untuk mengigit sepotong kecil atau menyeruput sedikit santapan.

Menurutnya, langkah ini bertujuan untuk mencegah lidah dan mulut terbakar dalam skala yang lebih besar.