Teknoflas.com – Sebelum beli paket internet, ada sejumlah tips dan trik yang harus dipelajari agar tidak merasa kecewa di kemudian hari. Seperti diketahui, koneksi data internet memang semakin terjangkau bagi masyarakat tetapi belum diiringi dengan pemahaman konsumen.

image
11 tips dan trik beli paket internet

Berikut ini sebelas tips dan trik yang sangat berguna bagi pengguna internet di Indonesia.

1. Jika hanya ingin ngenet menggunakan modem kartu SIM, disarankan membeli kartu perdana saja daripada mengisi ulang dan membeli paket baru. Sekarang makin banyak konter hape yang jual perdana internet murah.

2. Dalam beberapa kasus, pulsa utama ikut terpotong meski sudah membeli paket internet. Guna menghindari hal tersebut, jangan meninggalkan sisa pulsa. Jika paket internet harganya Rp 50 ribu, isi pulsa dengan nominal sama dengan tarif paket.

3. Konsumen kecewa dan tertipu karena tak melakukan survey secara mendalam. Sebelum membeli paket internet, baca terlebih dahulu peraturan dan ketentuan berlaku supaya tak meninggalkan kesalahpahaman.

4. Hati-hati membeli paket internet unlimited. Meski tanpa batas, ada kecenderungan penurunan kecepatan usai memakai besaran kuota tertentu.

5. Jangan cepat terbuai dengan status ‘unlimited’. Hampir semua paket itu menyertakan batasan kuota tertentu. Oleh karena itu, cek besaran kuota FUP yang disediakan.

6. Jangan terpaku satu provider saja. Ada banyak provider yang menyediakan beraneka macam paket internet. Ada baiknya mencoba satu per satu untuk melakukan perbandingan keunggulan.

7. Hati-hati dengan tawaran paket kuota wifi. Meskipun besaran kuota sangat menggiurkan, percuma jika di kota tempat tinggal tak tersedia lokasi wifi dari provider tersebut.

8. Sejumlah provider saat ini memberlakukan kuota internet tidak selama 24 jam. Ada pembagian waktu tertentu, misalkan jam 1 – 6 pagi atau 9 – 5 sore. Oleh karena itu, konsumen harus memperhatikan hal ini agar tidak merasa tertipu.

9. Jika suka download file-file ukuran besar, disarankan memilih paket internet malam. Meskipun harus begadang, dijamin bakal puas. Harga paket jauh lebih murah dan kuota jauh lebih besar.

10. Lakukan perbandingan antar provider untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan dari segi harga, kuota, sinyal dan kecepatan internet. Dengan demikian, konsumen dapat mengetahui mana yang terbaik.

11. Dalam momen tertentu, sejumlah provider menawari promosi yang memungkinkan konsumen menikmati paket data dengan harga lebih bersahabat dan kuota lebih banyak. Walaupun sementara, tak ada salahnya memanfaatkannya.

Itulah sebelas tips dan trik sebelum membeli paket internet yang harus diketahui konsumen agar tidak merasa kecewa di masa depan.