Teknoflas.com – Baterai smartphone cepat terkuras karena beberapa hal, salah satunya yaitu Google Play Services. Bagaimana cara mengetahuinya? Sangat mudah, coba cek ‘Settings’ lalu ‘Battery’. Urutan pertama dalam daftar menunjukkan aplikasi atau fitur yang paling banyak menyedot kapasitas baterai.

image
baterai boros akibat google play services

Oleh karena itu, pemilik perangkat harus curiga jika Google Play Services berada di urutan teratas yang paling banyak menyedot kapasitas baterai, jauh melebihi fitur atau sistem android. Hal itu menunjukkan ada sesuatu yang salah dengan perangkat dan wajib diatasi secepat mungkin.

Lalu, bagaimana cara mengatasi Google Play Services yang menguras baterai?

1. Akun aktif terlalu banyak

Seperti diketahui, Google Play Services berfungsi mengunduh sesuatu di latar belakang. Apabila perangkat terlalu banyak mengaktifkan akun Google, maka kinerja semakin meningkat. Hal ini berdampak buruk pada peningkatan konsumsi baterai oleh Google Play Services. Oleh karena itu, nonaktifkan salah satu layanan Google atau keluar dari akun.

2. Error aplikasi pihak ketiga

Google Play Services bekerja lebih keras dan tidak semestinya akibat pengaruh salah satu aplikasi yang terpasang di perangkat. Untuk mengatasinya, coba masuk ke ‘Safe Mode’. Apabila masalah baterai langsung hilang, maka bisa dipastikan bahwa peningkatan kinerja Google Play Services akibat aplikasi pihak ketiga.

3. Dampak ‘Sync Errors’

Apabila Google gagal tersinkronisasi dengan server maka mengalami Sync Errors. Kegagalan sinkronisasi data membuat Google Play Services terus bekerja hingga benar-benar terhubung. Untuk mengatasi Sync Errors, pengguna bisa menghilangkan dan menambahkan lagi akun. Sebelum melakukan itu, coba nonaktifkan ‘Mobile Data’ di ‘Settings’ selama 1-2 menit lalu nyalakan kembali.

4. Dampak Emojis

Sejumlah pengguna android mengaku Google Play Services menguras baterai akibat dampak buruk emojis yang menimbulkan Sync Errors. Oleh karena itu, disarankan tak memakai emojis di kontak nama karena Google tak menyukainya dan mengganggu proses sinkronisasi.

5. Pengaruh aplikasi task killer

Ternyata aplikasi task killer memicu Google Play Services bekerja lebih keras lagi yang secara otomatis menguras baterai. Hal ini sebagai akibat dari pengaktifan kembali suatu proses yang dimatikan secara paksa oleh aplikasi task killer. Untuk mengatasinya, nonaktifkan aplikasi itu dan lihat dampaknya.

6. Dampak aplikasi keamanan

Android merupakan aplikasi mobile paling populer yang rentan ulah tangan jahil ‘hacker’. Sebenarnya perangkat android tetap aman dari tindak kejahatan cyber jika tak mengunduh aplikasi dari tempat non resmi dan buka file atau dokumen terlampir yang mengandung virus. Aplikasi keamanan memang bertujuan melindungi smartphone dari ulah hacker, namun mendongkrak kinerja Google Play Services. Coba nonaktifkan aplikasi keamanan dan rasakan langsung dampaknya.