Teknoflas.com – Masyarakat Jawa Timur penasaran dengan peningkatan aktivitas Gunung Bromo yang sejak Kamis Sore mulai terdengar suara gemuruh ‘batuk-batuk’. Laporan terbaru pada Jumat (13/11/2015), gunung yang terkenal dengan pemandangan puncak menawan itu mulai keluarkan asap putih.

image
aktivitas gunung bromo meningkat drastis

Menurut hasil laporan BMKG Juanda, Gunung Bromo sudah mengeluaekan asap putih menggumpal yang menyelimuti bagian puncak sejak pagi. Meskipun sudah menunjukkan tanda-tanda meletus, pihak BMKG belum bisa memastikan keadaan selanjutnya karena segala kemungkinan masih bisa terjadi.

Asap putih yang mulai dikeluarkan gunung di Jawa Timur itu masih bertekanan rendah alias lemah, sedangkan ketinggian asap berkisar 50-100 mdpk. Untungnya keadaan cuaca sekitar gunung masih cukup terang dan tak ganggu penglihatan. Sementara itu hembusan angin masih dalam tekanan sedang.

Peningkatan aktivitas Gunung Bromo ternyata berpengaruh terhadap suhu di sekitarnya. Berdasar pantauan BMKG, suhu telah mencapai angka 12 derajat celcius. Sedangkan gempa tremor juga mulai dirasakan. Sementara itu, peringatan untuk tidak mendekati atau memanjat gunung sudah mulai dikeluarkan oleh pihak terkait.

BMKG Juanda akan terus memantau peningkatan aktivitas Gunung Bromo selagi mempersiapkan sejumlah langkah pengamanan untuk segala kemungkinan yang bisa terjadi nanti. Pastinya, akses gunung sudah ditutup sementara waktu selagi menanti kabar terbaru.