Teknoflas.com – Apa yang harus dilakukan orangtua ketika anak kesayangan mengalami demam tinggi? Pertama-tama, jangan langsung panik dan bawa si buah hati ke dokter. Terkadang demam terjadi sebagai efek perlawanan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi.

image
cara orangtua mengobati anak demam

Pada sebagian besar kasus, demam anak terkadang tidak butuh obat sama sekali. Hal terpenting wajib dilakukan orangtua yaitu memberi pertolongan pertama. Menurut Koordinator Instalasi Gawat Darurat Brawijaya Children and Hospital, Dr. Dita Elvina, ada tiga langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan orangtua jika anak demam tinggi.

1. Istirahat total

Jangan paksa anak mengikuti beragam kegiatan saat tubuhnya demam tinggi. Biarkan si buah hati lebih banyak menghabiskan waktu si tempat tidur. Istirahat total dari berbagai macam aktivitas ringan atau berat adalah tindakan pertama mengusir demam. Dr. Dita memberi saran orangtua untuk mengistirahatkan si buah hati setidaknya tiga hari hingga pulih total. Bila demam tak kunjung turun dalam tiga hari, maka orangtua wajib bawa anak ke dokter atau klinik terdekat.

2. Kompres air hangat

Mengatasi demam tinggi bisa dengan kompres air, sayangnya masih banyak orangtua salah kaprah yakni memakai air dingin yang sebenarnya tidak dianjurkan. Dr. Dita menganjurkan orangtua pakai air hangat karena bantu melebarkan pori-pori kulit dan pembuluh darah untuk penguapan.

Kompres air hangat tak hanya di kening kepala, namun dua lokasi utama seperti lipatan ketiak dan punggung. Menurut Dr. Dita, punggung merupakan bagian tubuh paling luas yang terpapar demam tinggi. Sementara itu, durasi kompres paling baik yaitu 60-90 menit, dan air perlu diganti setiap 15 menit.

3. Pengobatan herbal rumahan

Demam anak bisa disembuhkan dengan pengobatan herbal rumahan, yakni pakai bawang merah. Potong tipis bawang merah dan taburkan ke seluruh area punggung si buah hati. Bahan masakan itu bantu proses evaporasi dan beri efek menenangkan. Jadi, siapkan selalu stok bawang merah di dapur untuk mengantisipasi demam.

Itulah tiga langkah bisa dilakukan orangtua ketika anak terserang demam tinggi tanpa harus pergi ke dokter dan minum obat medis.