Teknoflas.com – Bagaimana kronologi KM Wihan Sejahtera Tenggelam di laut? Seperti diketahui, masyarakat Jawa Timur dikejutkan dengan berita KM Wihan Sejahtera tenggelam di perairan Teluk Lamong, Senin (16/11/2015). Kapal yang mengangkut sekitar 100 penumpang itu harusnya berangkat tujuan Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), namun memutuskan berbalik arah usai kondisi tak meyakinkan melanjutkan perjalanan.

image
Kronologi KM Wihan Sejahtera tenggelam

Guna menghindari jatuhnya korban jiwa, tim penyelamat sengaja diturunkan. Evakuasi melibatkan lima kapal milik Polair, salah satunya adalah KP Perkutut 3005. Menurut pengakuan Aiptu Antonius Trias selaku Komandan KP Perkutut 3005, KM Wihan Sejahtera berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak sekitar pukul 09.00 WIB sebelum terjadinya peristiwa tenggelam. Untungnya evakuasi lebih dari 100 penumpang dapat terlaksana tanpa kendala apapun.

“Sebelum peristiwa tenggelam, KM Wihan Sejahtera berangkat dari Tanjung Perak menuju Ende (NTT),” ungkap Antonius.

Komandan KP Perkutut 3005 menambahkan, kapal motor itu ternyata mengangkut 2 motor, 7 mobil, 8 truk kecil dan 43 truk besar selain membawa 100 lebih penumpang. Kapal akhirnya tak bisa diselamatkan dan tenggelam di laut sekitar pukul 09.30 WIB. Dugaan sementara akibat benturan benda keras yang merobek bagian bawah kapal sehingga air masuk ke dalam secara perlahan-lahan.

Kronologi KM Wihan Sejahtera Tenggelam di Teluk Lamong turut disampaikan oleh saksi penumpang yang dievakuasi, terdengar suara benturan keras yang membuat kapal miring ke bagian kiri usai 15 menit peristiwa berlangsung. Sempat terjadi kepanikan para penumpang yang saling berebutan rompi pelampung, bahkan ada yang nekat melompat tanpa peralatan keselamatan.

Lima kapal evakuasi akhirnya tiba di lokasi KM Wihan Sejahtera tenggelam sekitar pukul 10.15 WIB. Ratusan penumpang yang dievakuasi langsung dibawa ke darat memakai Gapura Surya Nusantara. Meskipun demikian, petugas keamanan masih terus bekerja mengecek kondisi korban selamat.