Seattle with April January 2009
Seattle with April January 2009

Teknoflas.com – Anda akan temukan sebuah dinding yang permukaan keseluruhan hampir tertutup oleh sisa kunyahan permen karet di Pike Place Market di Seattle, Amerika Serikat. Diperkirakan lebih dari 1 juta permen karet yang menempel di dinding tersebut dalam waktu dari dua dekade. Dan sekarang, dinding tersebut akan dibersihkan.

Respon masyarakat pun beragam, dari yang sedih hingga senang karena dianggap dinding tersebut menjijikkan.

Dinding permen karet tersebut dianggap bagian dari daya tarik wisata. Para pengunjung yang datang datang dapat menempelkan berbagai memorabilia, mulai foto, catatan, ataupun yang lainnya.

Dapat diduga, tidaklah mudah membersihkan dinding yang ditempeli permen karet selaam 20 tahun. Pemerintah kota Seattle pun mengarahkan pekerja mengenakan baju pelindung dan melepaskan permen karet yang menempel dengan menggunakan mesin uap. Dengan demikian, pembersihan dengan mesin uap tersebut diharapkan dapat selesai dalam tiga hari.  

Beberapa ekspresi kesedihan terlontar dari masyarakat Seattle, Kami berharap dinding permen karet Seattle bisa terus berdiri. Itu sudah jadi bagian dari tradisi wisata di Seattle yang sekaligus juga bentuk pernyataan seni,” ujar Emily Crawford, juru bicara Pike Place Market Preservation Development Authority, yang dilansir dari Reuters.
Beberapa lainnya merasakan kebahagiaan dengan dibersihkannya dinding permen karet tersebut.

Dinding permen karet Seattle, setiap tahunnya dapat menarik sekitar 10 juta turis dari seluruh dunia.

Diawali dari kegelisahan mengantri di sebuah gang menuju pasar ikan, pengunjung menanti antrian dengan mengunyah permen karet. Karena tidak ada tempat sampah, akhirnya permen karet tersebut ditempel ke dinding. Hingga akhirnya menjadi budaya, bahkan telah tertempel sekitar satu juta lebih permen karet.