espresso

Teknoflas.com – Kemarin, tanggal 23 November, merupakan Hari Espresso yang ternyata banyak orang salah kaprah terhadap minuman ini.

Espresso merupakan jenis kopi murni yang kental, dan umumnya disajikan dalam cangkir kecil. Mengapa disajikan dalam cangkir kecil? karena espresso mengandung konsentrat kafein yang tinggi yang tentunya dapat meningkatkan kerja jantung da aderanalin. Karena itu, espresso bukan minuman yang dapat disajikan dalam bentuk jumbo. Tidak seperti cappucino dan latte yang dapat disajikan dalam gelas yang berukuran besar.

Para barista sering membuat espresso dengan mesin. Namun, sebagian orang menganggap bahwa membuat espresso merupakan menciptakan karya seni. Maka, penciptaan espresso diperlukan totalitas yang besar.

Dari Daily Meal, terdapat empat faktor yang harus dipertimbangkan untuk membuat sebuah espresso sempurna, atau Italian espresso.

Pertama, macinazione atau mesin penggiling kopi berkualitas prima, kedua, miscela atau campuran kopi, ketiga adalah macchina (mesin pembuat espresso) dan terakhir mano alias tangan si pembuat kopi atau barista. Empat hal inilah yang dapat menciptakan espresso sejati.

Macinazione juga dapat diartikan sebagai kopi giling segar. Kopi untuk espresso harus digiling seketika sehingga didapat hasil segar. Espresso yang dibuat dari kopi yang telah disimpan tidak akan menghasilkan aroma segar dan kuat. Selain itu, kopi espresso juga harus datang dari biji kopi yang disangrai matang, alias dark-roasted coffee.

Espresso juga tidak dapat dibuat hanya sekadar mencampurkan bubuk kopi dengan air kemudian jadi. Espresso sejati harus melalui proses yang cukup lama. Pertama, kopi diberi air mendidih bertekanan tinggi, melalui kertas penyaring menggunakan corong. Tetesan kopi yang tersaring di gelas itulah yang kemudian disebut espresso.

Barista espresso harus tahu berapa takaran yang dibutuhkan untuk membuat seporsi espresso. Mulai dari jumlah biji kopi, temperatur air, hingga tekanan pada mesin. Perbedaan tekanan pada mesin espresso, bisa menghasilkan jenis kopi yang berbeda.