chatting-mobile

Teknoflas.com – Media sosial telah mendarah daging dewasa ini. Dalam budaya masyarakat urban, tentu memiliki teman banyak adalah sebuah kebanggan. Jangan salah, ternyata semakin banyak teman di akun facebook ini mengindikasikan tingkat despresi seorang remaja.

Dikutip dari Independent, para peneliti yang berasal Montreal University membuat suveri yang melibatkan orang berusia 12 hingga 17 tahun tentang berapa banyak teman yang mereka punya di media sosial. Mereka juga ditanya bagaimana responden berinteraksi dengan teman-teman mereka ini.

Selama penelitian ini berlangsung, mereka juga diperiksa kadar hormon kortisolnya selama empat hari berturut-turut. Hormon kortisol adalah hormon yang bisa menunjukkan kadar stres seseorang.

Hasilnya, mereka yang punya teman Facebook lebih banyak memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi pula. Para peneliti pun menyimpulkan bahwa hal ini menjadi depresi di kemudian hari.

Walaupun tidak ada responden yang mengidap depresi, Profesor Sonia Lupien yang memimpin penelitian itu mengatakan, “Meski faktor eksternal lain juga berperan, kami menduga efek Facebook pada kortisol bisa berkisar antara 8 persen.” 

Kami bisa memperlihatkan bahwa dengan teman lebih dari 300 orang di Facebook,  remaja bisa menunjukkan kadar kortisol yang tinggi. Maka kami bisa membayangkan bagaimana dengan mereka yang memiliki teman sampai 1.000 atau 2.000 di Facebook. Bisa jadi mereka berisiko lebih besar mengalami stres,” Lupien menambahkan.