Teknoflas.com – Berdasar hasil studi terbaru menyebutkan bahwa sifat menyendiri, kesepian dan menjauhkan diri dari masyarakat dapat merangsang kondisi fisik yang lebih rentan jatuh sakit.

image
Cara mengatasi sifat menyendiri

Berikut ini enam cara mengatasi sifat menyendiri atau kesepian agar tidak memicu datangnya sejumlah penyakit serius.

1. Berani sapa

Jangan biarkan diri terjebak dalam situasi kesepian. Oleh karena itu, beranikan diri untuk menyapa orang lain sekedar berkata halo dan membuka topik pembicaraan. Berkomunikasi dengan orang lain selama ini dianggap cara ampuh mengusir rasa sepi dan sedih.

2. Temukan grup berbagi

Jangan simpan segala sesuatu dalam hati, berani ungkap di depan orang lain. Bercerita atau berbagi pengalaman merupakan cara ampuh mengusir kesepian sekaligus melegakan hati. Oleh karena itu, temukan grup dengan masalah serupa atau anda bisa mulai membuatnya sendiri.

3. Perhatikan nasib orang lain

Memberi lebih baik daripada menerima, oleh karena itu jangan biarkan sifat menyendiri memutuskan kontak dengan masyarakat. Anda bisa memulainya dengan memperhatikan nasib orang lain seperti ikut menyantuni mereka yang membutuhkan seperti yatim piatu atau fakir miskin.

4. Tekuni hobi

Sifat menyendiri atau kesepian bisa mendorong seseorang ke lubang gelap menyesatkan. Demi mengatasi hal itu, mulailah tekuni hobi yang paling disukai yang memungkinkan anda gabung dengan komunitas. Ada banyak hobi yang bisa mengalihkan pikiran ke sesuatu yang menyenangkan.

5. Penuhi undangan

Ketika diundang orang lain untuk menghadiri sebuah acara, jangan pernah menolak. Luangkan waktu untuk datang lebih awal dan pulang hingga acara selesai. Meskipun tidak banyak berbicara, setidaknya bisa berada di kerumunan orang banyak untuk saling berinteraksi singkat.

6. Tulis jurnal

Inilah salah satu metode usir sifat menyendiri atau kesepian. Menulis ke dalam jurnal merupakan cara tepat menyalurkan emosional yang terpendam di lubuk hati terdalam. Cara lain yang boleh ditempuh yaitu menulis blog agar bisa terbaca oleh orang lain.

Itulah enam cara ampuh mengusir sifat menyendiri atau kesepian agar tidak memicu penyakit serius yang mengganggu kesehatan fisik. Gampang dan mudah, bukan?