Teknoflas.com – Kehadiran aplikasi ‘YouTube for Android’ memudahkan pengguna smartphone streaming video secara cepat tanpa membebani kinerja prosesor. Sayangnya, aplikasi tersebut memiliki kelemahan karena pengguna tak bisa streaming ketika membuka pilihan atau aplikasi lain. Untungnya masalah ini sudah teratasi dengan hadirnya metode tertentu agar streaming bisa dilakukan via background.

image
cara mudah streaming youtube di background

Salah satu metode paling populer yaitu ikut berlangganan YouTube Red. Akan tetapi pengguna harus membayar setiap bulan untuk menikmati fitur streaming di background. Meskipun berbayar, YouTube Red menyediakan fitur tambahan yang memungkinkan pengguna nonton video tanpa tayangan iklan menyebalkan dan gratis pakai Google Play Music.

YouTube Red memang solusi tepat, namun pengguna wajib bayar US$9.99 per bulan untuk terus menikmatinya. Jika tak punya uang dan mencari solusi alternatif gratis, sebaiknya pakai aplikasi Awesome Pop-up Video yang tak hanya streaming di background melainkan dalam jendela pop-up ukuran kecil, bisa di seret ke sisi layar untuk memaksimalkan penggunaan.

Meskipun aplikasi ini bisa streaming video di background, namun proses tak bakal jalan jika layar dalam keadaan mati. Untuk mengatasi masalah tersebut, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini yang sudah terbukti efektif.

1. Unduh aplikasi Awesome Pop-up Video yang tersedia gratis di Google Play Store.

2. Usai aplikasi terpasang di perangkat android, langkah selanjutnya yaitu menyalin alamat video Youtube. Untuk hal ini, gunakan saja browser favorit untuk menyalin alamat url.

3. Buka aplikasi Awesome Pop-up Video, lalu tempelkan alamat url video. Langkah selanjutnya tinggal klik tombol Play.

4. Nantinya video bakal muncul dalam jendela pop-up kecil yang bisa diseret ke bagian sisi layar manapun. Meskipun streaming berjalan, pengguna tetap bisa memakai smartphone secara normal.

5. Untuk menutup layar pop-up video, tekan ikon ‘x’ di bagian kanan atas.

Itulah cara mudah streaming video YouTube di background tanpa harus memakai layanan berbayar alias gratis.