Teknoflas.com – Hampir semua smartphone android mengeluarkan suara ‘Camera Shutter’ ketika memotret suatu objek. Suara itu jelas saja mengganggu jika ingin mengambil foto secara diam-diam tanpa disadari orang lain. Lalu, adakah cara ampuh mengatasinya?

image
Cara nonaktif suara camera shutter di android

Sejujurnya, menghilangkan suara shutter begitu mudah seperti mengecilkan suara volume di ponsel. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini yang disesuaikan dengan merek smartphone.

Stock android

Bagi smartphone yang mengusung stock android alias biasa, suara shutter bisa dinonaktifkan dengan mengecilkan volume notifikasi atau beralih ke mode silent atau vibrate. Paling mudah cukup menekan tombol volume turun disamping bodi ponsel.

Sony

Menghilangkan suara ‘Camera Shutter’ pada Sony Xperia bisa melalui Camera App, tekan ikon tiga titik kemudian ikon roda bergigi dan geser Sound ke posisi Off untuk nonaktifkan suara shutter.

OnePlus

Geser ke arah kiri layar lalu tekan ikon roda bergigi. Nantinya muncul opsi shutter sound, segera buka dan pindahkan ke Off.

LG

Menghilangkan suara shutter pada ponsel LG tidak jauh berbeda seperti stock android. Pengguna cukup mengaktifkan opsi ‘Do not disturb’ atau ‘Vibrate’ pada priorities/notification profile.

Samsung

Pada Samsung TouchWiz versi terbaru, tekan ikon roda bergigi pada aplikasi kamera dan cari ‘shutter sound option’ di halaman berikutnya. Pilih ke posisi Off untuk mengambil foto tanpa suara.

HTC

Masuk ke aplikasi kamera, tekan ikon tiga titik kemudian ikon roda bergigi dan menuju General Settings > Camera Shutter Sound. Hilangkan tanda centang untuk mulai memotret tanpa suara.

Motorola

Geser layar ke kiri lalu muncul ikon loudspeaker yang terdapat opsi untuk nonaktifkan suara camera shutter. Tekan saja untuk mengaktifkan dan menonaktifkan.

Huawei

Buka aplikasi kamera, tekan ikon menu yang berupa tiga garis lalu ikon roda bergigi. Cari opsi Mute dan aktifkan untuk segera memotret tanpa suara kamera yang menyebalkan.

Selain langkah-langkah di atas, masih ada cara alternatif yang bisa ditempuh via pemakaian aplikasi pihak ketiga yakni Silent Camera Pro. Aplikasi keren itu bisa diunduh gratis dari Google Play Store.