Teknoflas.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) resmi meluncurkan program SIM Online pada hari Minggu (6/12/2015) yang bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai mitra pembayaran.

image
Kelebihan SIM online dibandingkan manual

Tak seperti proses perpanjangan SIM manual pada tahun sebelumnya, ada sejumlah kelebihan yang dirasakan oleh masyarakat dan Polri.

1. Perpanjangan SIM fleksibel

Dengan adanya layanan SIM Online, pemilik kendaraan bermotor dapat memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi di mana saja tanpa harus mudik ke daerah asal sesuai KTP. Hal ini terkait penyimpanan data SIM seluruh masyarakat Indonesia yang terpusat di server. Semua data langsung terhubung ke server pihak terkait sehingga proses perpanjangan lebih fleksibel.

2. Paperless

Semua proses pengisian formulir perpanjangan dilakukan dengan bantuan teknologi komputer sehingga tak perlu memakai kertas lagi alias paperless. SIM Online merupakan bagian dari upaya Polri dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik daripada sebelumnya.

3. Kemudahan pembayaran

Program SIM Online turut melibatkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai mitra pembayaran. Dengan demikian, pemilik kendaraan lebih mudah membayar sesuai harga yang tertera sehingga Polri lebih gampang Monitoring dan Reporting.

4. Cegah rekayasa oknum

Jika membandingkan SIM Online dengan layanan offline alias manual di beberapa tahun sebelumnya, maka sistem baru ini jauh lebih transparan. Sulit bagi oknum tertentu melakukan rekayasa atau pengubahan karena nilai yang sudah ditetapkan langsung muncul di sistem.

Dengan luasnya akses PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, pembayaran SIM Online bisa melalui ATM, EDC hingga Internet Banking.