Minuman-alkohol

Teknoflas.com – Mungkin, anda pernah mengalami atau melihat suatu adegan di mana dua orang meminum alkohol dengan porsi yang sama namun memberikan reaksi yang berbeda.

Orang yang pertama terlihat santai, tenang bahkan dapat berkomunikasi dengan lancar. Sedangkan orang kedua bersikap ceroboh, mungkin juga jadi agak rewel dan mengganggu.

Ternyata, reaksi yang berbeda tersebut memiliki penjelasan ilmiah. Mengutip dari Independent ternyata beberapa orang secara genetis memang memiliki kecenderungan bersikap ceroboh dan menunjukkan perilaku impulsif saat berada di bawah pengaruh alkohol.

Seseorang yang memiliki pribadi sangat terpengaruh pada alkohol itu terlihat dari terjadinya mutasi genetik yang juga berhubungan dengan sikap impulsif, terlebih dalam kondisi mabuk.

Penelitian ini secara khusus meneliti gen yang bertanggung jawab terhadap protein reseptor yang dibutuhkan oleh otak untuk neurotranmitter serotonin 2b, kata mereka. 

Temuan inilah yang dapat menjelaskan mengapa sebagian orang tidak mampu menahan dengan minuman beralkohol dan cenderung berperilaku tak wajar bahkan ketika hanya minum dalam jumlah yang sedikit.

Hasilnya juga mengindikasikan orang dengan mutasi gen ini lebih impulsif secara alami bahkan ketika dalam kondisi sadar, mereka lebih sulik  mengendalikan diri atau mengidap kelainan mood atau suasana hati,” ungkap Roope Tikkanen psikiatris dari University of Helsinki, Finlandia.

Keberadaan protein reseptor serotonin 2b sebenarnya belum dipahami dengan baik meski penelitian sebelumnya menghubungkan reseptor ini dengan perilaku impulsif.

Studi terakhir memberikan hasil keberadaan mutasi gen ditemukan pada sekitar 2,2 persen dari populasi orang Finlandia yang berarti ada 100 ribu orang Finlandia yang menjadi pembawa gen bermutasi ini.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Translational Psychiatry. Harapannya, penelitian ini dapat dikembangkan ke pengobatan dan penangangan untuk perilaku impulsif yang parah atau tes genetik yang bisa memberi peringatan kepada pribadi terkait untuk lebih berhati-hati terhadap minuman alkohol.